Home / Peristiwa / ABSR Jadi Arah Pembangun Lombok Tengah 2020

ABSR Jadi Arah Pembangun Lombok Tengah 2020

BERITAKINI talentafmnews.com – Aman Bersih Sehat Dan Religius (ABSR) akan jadi arah pembangunan Lombok Tengah 2020 nanti. Demikian disampaikan Bupati Lombok Tengah NTB, HM,Suhaili,FT.SH pada senin 30/12/2019 dalam sambutanya pada acara Silaturrahim Pertemuan Gerakan Bersama di Kantor Camat Pringgarata.

Absr lanjut Bupati dari kata pertama yakni Aman. Maka Lombok Tengah akan memprioritaskan bagaimana mewujudkan lingkungan sekitar aman. Salah satunya dengan menghidupkan kembali kegiatan ronda disetiap dusun di Lombok Tengah.

“Ini akan menjadi program BKD (Badan Keamanan Desa-red) untuk mengajak seluruh masyarakat melalui Kepala Dusun masing-masing untuk mulai ngeronda yang disertai dengan awiq-awiqnya agar semua warga diharuskan meronda secara bergiliran,”katanya.

Untuk itu Bupati tegaskan agar Kepala Desa anggarkan BKD bersama Babhinkamtibmas serta Bhabinsa dan semua aspek untuk mendukung terwujudnya keamanan tersebut.

“Ayo anggarkan BKD kendaraan patroli. Agar mereka bisa membangunkan warga di sepertiga malam untuk sholat tahajut misalnya,”ujar Bupati.

Selanjutnya kata kedua dari Absr adalah Bersih. Bagaimana agar lingkungan sekitar menjadi bersih. Salah satunya dengan selain selalu membersihkan lingkungan rumah maka bergotong royong untuk bersih-bersih lingkungan disetiap dusun yang dikomandoi oleh Kepala Dusun masing-masing.

“Kalau ada warga yang tidak mau gotong royong untuk bersih-bersih, jangan dilayani sebagai masyarakat bila diperlukan,”tandas Bupati.

Soal kebersihan ini, Bupati meminta kepada Kepala Desa untuk melakukan pengadaan Kemdaraan RodanTiga untuk mengangkut sampah dimasing-masing dusun. Bila perlu semua desa memiliki truk pengangkut sampah.

Kata berikutnya lanjut Bupati yakni sehat yang tidak jauh-jauh dari soal kebersihan. Dimana pemerintah dari tingkat dusun bagaimana agar masyarakat bisa terus meningkatkan kesehatanya.

Hal itu imbuh Bupati, dimulai dari bagaimana terus menggalakkan pola hidup yang baik dengan selalu menjaga kesehatan dengan memperbanyak makan buah–buahan yang disertai dengan rajin berolahraga.

Dan yang terakhir jelas Bupati, religius yang merupakan gerak langkah dan hati seluruh masyarakat untuk dunia dan akheratnya. Dimana religius akan mewarnai langkah hidup yang agamais.

“Itulah yang akan mendasari budaya kita. Selaras dengan motto Lombok Tengah, beriman sejahtera dan bermutu atau bersatu. Kita tidak hanya sejahtera didunia namun juga diakhirat,”kata Bupati. (tim)

 

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.