Home / Beritakini / ALARM Soroti Harga Akomodasi di Mandalika Melambung Tinggi

ALARM Soroti Harga Akomodasi di Mandalika Melambung Tinggi

BERITAKINI talentafmnews.com.- Jelang gelaran motoGP, harga akomodasi di The Mandalika melambung tinggi, LSM Alarm angkat bicara.

Sekjen Alarm NTB, Zamharir pada selasa 28/12/2021 mengatakan, kenaikan harga akomodasi itu terlihat pada mahalnya ongkos transportasi yang hingga mencapai jutaan dari harga biasanya.

“Soalnya kami terima keluhan terkait masalah harga penginapan dan transportasi yang sangat melambung tinggi. Jika kenaikannya 100 persen mungkin masih bisa dimaklumi, tapi ini untuk transporyasi Inova yang biasa sehari Rp.500 ribu, bisa naik jadi sekian juta perhari,”ungkapnya.

Hal itu lanjut Petir, sapaan akrab Zamharir dikeluhkan oleh tamu lokal maupun mancanegara yang langsung pihaknya dengar sendiri di lapagan.

Untuk itu lanjut Petir, untuk mengatasi masalah tersebut, Pemda dan Pemprov harus memiliki acuan yang jelas terkait harga penginapan, transportasi dan bahkan makanan serta yang lainya.

“Kami khawatirnya nanti akan ada permainan harga pada saat hari H. Dan jelas itu bisa mencoreng dunia wisata kita yang berdampak pada Pemda, Pemprov maupun ke masyarakat secara langsung,”tandas Petir.

Penerapan high season surcharge atau kenaikan harga pada musim ramai itu normal, tetapi dalam batas prosentase yang wajar.

“Silahkan pemerintah dalam hal ini OPD terkait, bersama dengan HPI untuk mengambil langkah bijak, supaya kemungkinan-kemungkinan itu bisa diantisipasi,”saran Petir.

Intinya lanjut Petir, jangan pernah menerapkan strategi aji mumpung.
Mumpung rame, mumpung mereka yang butuh, mumpung tidak ada solusi dari Pemda atau mumpung ini adalah event berkelas internasional.

“Tapi mari kita pikirkan bagaimana tamu-tamu yang datang ke Lombok ini merasa nyaman dengan sistem sustainable event,”pungkas Petir.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.