Home / Peristiwa / Antisipasi Corona, ASN Di Loteng Ternyata Tidak Libur, Namun Akan …..

Antisipasi Corona, ASN Di Loteng Ternyata Tidak Libur, Namun Akan …..

BERITAKINI talentafmnews.com – Ternyata ASN dilingkup Pemkab Lombok Tengah tidak dinyatakan libur untuk antisipasi Virus Corona. Melalui Dinas terkait, ASN justeru akan lakukan sosialiasi ke Masyarakat.

Sekda Lombok Tengah, Dr.HM.Nursiah,S.Sos.M.Si pada senin 16/3/2020 diwawancarai Radio Talentafm di Kantor Bupati Lombok Tengah NTB menjelaskan, dalam masa 2 minggu ke depan, ASN akan mendampingi dan ikut serta bersama masyarakat untuk lakukan sosialisasi.

“Selain sosialisasi juga akan dilakukan kegiatan prefentive dan kuratif oleh jajaran Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit,”kata Sekda.

Materi sosialisasi nantinya lanjut Sekda, akan disampaikan Dinas Kesehatan, para Tuan Guru, Alim Ulama dan Ormas yang ada. Semua nantinya akan bergerak secara paralel ke seluruh desa.

Untuk kegiatan prepentife lanjut Sekda seperti, gerakan-gerakan pembersihan, bagaimana menjaga tempat umum, rumah-rumah masyarakat dan lingkunganya.

Teknisnya lanjut Sekda, nantinya akan dikomandoi oleh dinas pembina masing-masing kecamatan yang akan menggarap 3 desa sehari. Sehingga setidaknya dalam 3 hari selesai digarap 3 hari semua desa dalam 1 kecamatan oleh Dinas Pembina Zona.

“Adapun personilnya nanti terdiri dari Dinas Pembina Zona itu, TNI/Polri, staf kecamatan, UPT setempat dan ditambah masyarakat,”imbuh Sekda.

Semuanya itu lanjut Sekda akan bergerak membersihkan Musholla, Masjid, Saluran, Jalan, Sekolah dan tempat umum lainya.

ASN yang akan turun dalam kegiatan turun ke masyarakat itu tandas Sekda, nantinya harus menyesuaikan karena tupoksi masing-masing ASN berberda-beda sehingga punya kesibukan masing-masing dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan.

“Yang terpenting nanti, bagaimana keterpaduan antara ASN termasuk TNI/Polri, BKD,BPD setempat dan masyarakat, itu yang paling penting,”tandasnya.

Setelah selesai untuk fasilitas umum lanjut Sekda, barulah nanti akan muncul jadwal untuk rumah-rumah penduduk. Dimana nantinya akan menjadi kewajiban pemilik rumah untuk membersihkan halamanya, lingkungan sekitar rumah, jambanya, kamar mandinya, saluranya dan yang lainya.

“Saat pembersihan rumah-rumah masyarakat itu kita membimbing, memantau dan mengarahkan secara paralel dangan tim sosialisasi yang saat itu turun juga,”terang Sekda.

Tindak yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit nantinya menyangkut teknis kesehatan, bagaimana penyemprotan, tindakan apa dan fasilitas apa yang perlu dilakukan bila ada keluarga yang baru pulang dari luar negeri.

Sebelumnya Bupati Lombok Tengah, HM.Suhaili,FT dalam rapat pada Minggu malam 15/3/2020 dalam rapat terbatas dengan seluruh pejabat di Loteng menyampaikan, sekolah libur 2 minggu dan ASN seminggu.

 

Baca: https://www.talentafmnews.com/hasil-rapat-bupati-loteng-antisipasi-corona-sekolah-libur-2-minggu-asn-seminggu/

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.