Home / Beritakini / Babak Baru Kasus Pemecatan 3 Kadus di Desa Tanak Beak Loteng

Babak Baru Kasus Pemecatan 3 Kadus di Desa Tanak Beak Loteng

BERITAKINI talentafmnews.com – Babak baru kasus pemecatan 3 Kepala Dusun (Kadus) di Desa Tanak Beak Kecamatan Batukilang Utara (BKU) Lombok Tengah (Loteng) NTB.

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Mataram, menerbitkan putusan eksekusi terhadap kasus tersebut sesuai surat penetapan nomor: 32/PEN-EKS/2020/PTUN.Mtr tertanggal 17 Nopember 2021, tertanda atas nama ketua, Singgih Wahyudi S.H.

Dimana dalam surat penetapan tersebut, memerintahkan tergugat yakni Kepala Desa Tanak Beak, untuk melaksanakan putusan PTUN Mataram nomor: 32/G/2020/PTUN.Mtr tanggal 2 Nopember 2020.

Dimana salah satu amar putusanya antara lain, mewajibkan tergugat mencabut Keputusan Kepala Desa Tanak Beak nomor: 6 tahun 2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa tertanggal 3 Februari 2020 atas nama; Farhan Jalaludin Samsudin, Suparman dan Tohri.

Atas hal tersebut, Ketua Umum (Ketum) LSM Gempar NTB, Hamzan Halilintar menyatakan, tidak ada alasan lagi bagi Kades untuk tidak membatalkan pemberhentian tiga kadus.

“Kadus yang dipecat tersebut, telah melakukan perlawanan melalui PTUN Mataram hingga ke PTUN Surabaya. Dan PTUN sudah menetapkan tiga Kadus sebagai pemenang. Bahkan sekarang, PTUN sudah ada putusan penetapan eksekusinya,”tandas Hamzan Halilintar.

Maka lanjut Hamzan, sudah sepatutnya Kades Tanak Beak untuk tunduk terhadap hukum agar Kadus yang sebelumnya telah diberhentikan tersebut, kembali menjadi Kadus sebagaimana bisanya.

“Jika semua tuntutan kami dan para Kadus yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap itu tidak diindahkan oleh kades, maka kami pekan depan akan demo ke Kantor Bupati sama masyarakat yang merasa dizolimi dan kami akan segel kantor desa,”ancam Hamzan.

“Negara kita ini negara hukum, jadi mohonlah selaku pejabat desa yang mengajak masyarakat taat pada aturan. Dan apabila DPMD dan Bupati tidak segera ambil sikap, maka masyarakat Tanak Beak siap menginap di Kantor Bupati demi mendapatkan keadilan dan jawaban yang pasti, supaya Kadus yang dipecat itu segera diangkat kembali (Jadi Kadus-red),”pungkas Hamzan Halilintar.

Sementara itu, Kades Tanak Beak dikonfirmasi via phone celulernya terkait dengan hal tersebut, belum bisa terhubung.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.