Home / Peristiwa / Baiq Sintia Maharani Chaempuan, Mahasiswi Poltekpar Peraih Duta Lingkungan NTB Kreatif 2020

Baiq Sintia Maharani Chaempuan, Mahasiswi Poltekpar Peraih Duta Lingkungan NTB Kreatif 2020

BERITAKINI talentafmnews.com – Ditanganya, semua hal bisa jadi sesuatu yang menarik dan ber-mampaat. Ide-ide kreatifnya, bisa terinfirasi dari apa saja yang dilihat dan dirasakanya.

Dialah Baiq Sintia Maharani Chaempuan, ia adalah putri satu-satunya dari pasangan Lalu Muksin SE, M.Si dan Rukaiyah yang saat ini tinggal di Ketaq Dusun Lopan Desa Monggas Kecamatan Kopang Lombok Tengah NTB. Ia adalah anak kedua dari 2 bersaudara.

Sintia, sapaan akrab gadis belia yang aayikk diajak ngobrol ini, pada malam grand final Audisi Duta Lingkungan NTB 2020, minggu 8/11/2020, dinobatkan menjadi Duta Lingkungan NTB Kreatif 2020.

 

Gadis manis yang murah senyum ini, lahir di Mataram pada tanggal 11 Mei 2001 lalu. Dan memulai riwayat pendidikanya di TK Islam Al-Adawiyah Kecamatan Lingsar. Kemudian lanjut ke SDN Montong Batu, lalu melanjutkan SMP di Tsanawiyah Nurul Haramain Islamic Boarding School.

SMA di SMAN 1 Kopang dan pernah mengikuti ekskul PMR dan English Club serta kursus di Pare Jawa Timur selama 6 bulan.

“Dan sekarang saya sedang melanjutkan study di Politeknik Pariwisata Negeri Lombok (Poltekpar-red) program study usaha perjalanan wisata,”tuturnya kepada radio talentafm pada 12/11/2020 via WA.

Gadis cantik semampai ini, punya segala hoby. Tampaknya semuanya, sesuai dengan situasi dan kondisi.

“Hoby sih banyak. Bahkan semua aktifitas yang menurut saya menyenangkan. Misalnya melukis, bermain volly, berenang, taekwondo, dan tak lepas dari mendengarkan musik,”tuturnya.

Dan yang paling utama hoby pemilik alis tipis ini adalah Travelling, karena dia senang mencari sesuatu yang baru dan mendapatkan pengalaman yang baru serta menarik.

“Experience is the best teacher, so thats why im so excited to get something new in this beautiful life. Karena setiap perjalanan memiliki pelajaran. Dan setiap pengalaman melengkapi kehidupan,”ungkap Mahasiswi Poktekpar Lombok ini.

Ditanya tentang cita-cita, gadis belia yang takkan menikah bila belum sukses ini mengatakan, kalau sejak dulu hingga sekarang yakni ingin menjadi pengusaha dibidang traveller.

“Untuk cita-cita dari dulu sampai sekarang, bisa saja berubah. Harapan sih, karena saya bergerak dibidang pariwisata khususnya di usaha perjalanan wisata, tentu nantinya saya ingin menjadi pengusaha di bidang travel,”katanya.

“Saya punya saudara, kakak cowok sudahmenikah. Dan saya adalah satu-satunya harapan keluarga untuk sukses dan mengangkat ekonomi keluarga suatu saat nanti,”tutupnya.

Adapun sang ayahanda Baiq Sintia yakni Lalu Muksin, menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada panitia pemilihan duta lingkungan tingkat Provinsi NTB, yang telah mempercayakan putrinya sebagai peserta, sekaligus masuki 10 besar dan dinobatkan menjadi duta kreatif.

“Sebagai orang tua tentu kami merasa bangga,”katanya.

Dalam keseharianya lanjut Lalu Muksin, Sintia memang anak yang kreatif dan peduli dengan lingkungan sekitar.

“Semenjak masih di bangku SMP, dia selalu tampil di dalam kegiatan yang sifatnya sosial. Seperti penanggulangan bencana alam, gempa bumi dan banjir,”tuturnya.

“Kami keluarga merasa bangga, karena setiap melakukan kegiatan itu, semua di lakukan tanpa pamrih, tanpa diminta. Semua itu di lakukan atas dasar dirinya sendiri, tanpa ada dorongan orang tua,”imbuh Lalu Muksin.

Sebagai orang tua lanjut Lalu Muksin, berharap apa yang dilakukan putrinya bisa bermamfaat kelak bagi dirinya sendiri dan orang lain.

“Kita hanya menganut sistim TUT WURI HANDAYANI, kita akan dukung dan akan membantu se optimal mungkin, serta harapan dari orang tua, semoga even-even seperti ini, senantiasa di selenggarakan setiap tahun,”imbuhnya.

Lalu Muksin juga berharap, agar kegiatan ini,bila perlu ditingkatkan menjadi tingkat Nasional bahkan Internasional.

“Karena saya yakin Lombok Tengah bisa. Karena menurut kami, penyelenggaraan Duta Lingkungan Tingkat Provinisi NTB kemarin, kami anggap sangat sukses luar biasa,”tutup Lalu Muksin.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.