Home / Beritakini / Begini Perjuangan Satgas Covid-19 Dan KTI Pemuda Karya Barejulat Lawan Corona

Begini Perjuangan Satgas Covid-19 Dan KTI Pemuda Karya Barejulat Lawan Corona

BERITAKINI talentafmnews.com – Sejak merebaknya isu virus corona atau Covid-19 di Indonesia, hingga akhirnya masuk ke NTB, bersamaan dengan berbagai himbauan pencegahan dari pemeritah, baik pusat, provinsi dan Kabupaten, Karang Taruna Indonesia (KTI) Pemuda Karya Desa Barejulat Kecamatan Jonggat Lombok Tengah NTB, sigap mengambil sikap.

KTI Pemuda Karya Barejulat, melalui sekretaris-nya, Fikri Adyantama, Minggu 29/3/2020 menuturkan, pemuda harus menjadi garda terdepan dalam ikut membantu pemerintah, khususnya pemdes Barejulat dalam memerangi wabah corona tersebut.

Untuk itu, pihaknya melalui BPD bekerjasama dengan pemdes untuk bersama-sama melakukan berbagai langkah dalam mencegah penularan virus corona yang telah membunuh ribuan jiwa didunia tersebut.

“Alhamdulillah, didukung penuh BPD dan Pemdes, kita bisa melakukan pencegahan dengan melakukan penyemprotan Desinfektan ke sejumlah tempat umum di Barejulat. Seperti di santren-santren dan juga Masjid,”katanya.

Kegiatan itu lanjut Fikri, berlangsung hingga beberapa hari hingga persediaan Desinfektan habis. Desinfektan sendiri, dibuat dengan cara meracik sendiri dari bahan-bahan yang banyak tersedia banyak di kios-kios sesuai anjuran pemerintah.

“Selain BPD dan Pemdes, juga telah dibentuk Satgas Covid–19 Barejulat yang terdiri dari berbagai unsur, salah satunya unsur Dinas Kesehatan melalui Puskesmas setempat dan juga petugas Pustu,”jelas Fikri.

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 Barejulat yang sekaligus BPD Dusun Timuk Rurung, Andi Mardinata menyampaikan, selain melakukan penyemprotan Desinfektan, KTI Pemuda Karya Barejulat bersama Satgas Covid–19 juga melakukan pendataan terhadap warga Barejulat yang haru tiba dari laur negeri atau luar daerah.

“Ini yang paling penting. Kita harus tahu kapan keluarga kita kembali ke desa dan darimana kembalinya dan bagaimana kondisinya. Apakah ada keluhan kesehatan atau tidak. Apa lagi kalau baru datang dari daerah atau negara terjangkit,”jelasnya.

Maka lanjut Andi Mardinata, sesuai dengan himbauan pemerintah, warga yang baru tiba dengan kesadaran sendiri, harus melakukan isolasi diri selama 14 hari. Dan yang paling penting untuk diketahui saat isolasi diri dirumah, maka penting edukasi mengani bagaimana berinteraksi aman dengan keluarga lain dengan melakukan phisycal distancing yang tentunya akan diejlaskan oleh pihak Puskesmas saat ikut melakukan pendataan.

“Kita telah melakukan pendataan bersama dengan KTI, Petugas Puskesmas, PKM dan juga petugas Pustu dengan mendatangi mereka langsung ke rumah masing-masin. Namun dari data yang ada, beberapa belum didatangi ke rumahnya untuk cek langsung kondisi mereka,”ungkapnya.

Nama-nama yang telah masuk dalam data Tim Satgas Covid–19 Barejulat itu, kini telah dihimbau untuk melakukan karantina diri di rumah masing-masing selama 14 hari sejak mereka tiba di Barejulat.

“Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, mari terus laksanakan himbauan pemerintah, untuk sementara tetap di rumah saja. Dan semoga kita semua sehat dan dijauhkan dari virus ini,”tutup Andi Mardinata Ateng.

REKAPITULASI TALENTAFM TERHADAP WARGA BAREJULAT YANG BARU TIBA DALAM RANGKA ANTISIPASI COVID-19:

Sumber: Satgas Covid–19 Barejulat & KTI Pemuda Karya Barejulat

1. Inisial SS 32 th perempuan, Dusun Panti, tiba 22/3/2020 bepergian luar negeri – Saudi Arabia , kondisi sehat

2. Inisial H.M 55 th laki-laki, dusun Loang Sawak, tiba 22/3/2020 bepergian dalam negeri – Bandung, kondisi sehat

3. Inisial HJ. S 40 th, perempuan, Dusun Loang Sawak, tiba 22/3/2020 bepergian dalam negeri – Bandung, kondisi sehat

4. Inisial B 52 th laki-laki , Dusun Loang Sawak, tiba 27/3/2020 bepergian dalam negeri – Kalimantan Tengah, kondisi sehat

5. Inisial SK 22 th laki-laki , Dusun Timuk Gawah, tiba 24/3/2020 bepergian dalam negeri – Bogor, kondisi sehat

6. Inisial BS 28 th laki-laki,  Dusun Timuk Gawah, tiba 25/3/2020 bepergian dalam negeri – Balikpapan, kondisi sehat

7. Inisial BR 28 th perempuan, Dusun Panti, tiba 25/3/2020, bepergian dalam negeri – Sumbawa, kondisi sehat.

8. Inisial HDA 6 th perempuan , Dusun Panti , tiba 25/3/2020, bepergian dalam negeri – Eumbawa, kondisi sehat

9. Inisial M 27 th laki-laki, Dusun Loang Sawak, tiba 21/3/2020 bepergian dalam negeri – Jakarta, kondisi sehat

10. Inisial AR  23 th laki-laki, Dusun Renjase, tiba 24/3/2020, bepergian dalam negeri – Jogja, kondisi sehat.

11. Inisial HI 20 th perempuan, Dusun Dasan Lekong, tiba 29/3/2020, bepergian dalam negeri – Jogja, kondisi sehat

12  Inisial AM 25 th laki-laki, Dusun Timuk Rurung, tiba 19/3/2020, bepergian dalam negeri – Jakarta, kondisi sehat

13. Inisial SI 26 th, Dusun Timuk Rurung, tiba 19/3/2020, bepergian dalam negeri – Belitung, kondisi sehat

14. Inisial P 25 th, Dusun Renjase, tiba 28/3/2020, bepergian dalam negeri – Bima, kondisi sehat.

Sumber Data: Satgas Covid–19 Barejulat & KTI Pemuda Karya Barejulat. Data per tanggal 29/3/2020.

About Redaksi

Check Also

Kini Ada Water Thank Untuk Homestay di Gerupuk

BERITAKINI talentafmnews.com.- Menindak lanjuti arahan  Wabub Loteng, DR. HM. Nursiah S.sos M.Si, untuk memastikan ketersediaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.