Home / Beritakini / Bersama Kasta NTB, PDAM Loteng Serahkan Bantuan CSR

Bersama Kasta NTB, PDAM Loteng Serahkan Bantuan CSR

 

BERITAKINI talentafmnews.com – PDAM Tirtha Ardhia Rinjani Lombok Tengah bekerjasama dengan LSM Kasta NTB, kamis 29/10/2021 serahkan bantuan CSR untuk siswa berprestasi tergolong kurang mampu di SD Reban Burung Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah NTB.

Ketua Kasta NTB DPC Batukliang Utara, Sukriadi Rahman  menyampaikan, bantuan CSR tersebut akan diserahkan kepada 60 orang siswa berprestasi tergolong kurang mampu untuk sekitar 6 desa di Batukliang Utara.

“Dan sebagai simbolis, kegiatan ini diawali dengan penyerahan pada siswa dan siswi di SD Reban Burung Aik Berik ini,”kata Sukriadi Rahman.

Selanjutnya tim Kasta NTB DPC Batukliang Utara akan melakukan penyerahan bantuan kepada siswa- siswi berprestasi tergolong tidak mampu ke desa sasaran lainya sesuai data yang telah dihimpun Kasta.

Presiden Kasta NTB, Lalu Wink Haris dalam sambutanya pada acara tersebut menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan semangat bersama Kasta sebagai komponen masyarakat bagaimana selalu bersinergi dalam konteks bagaimana membangun daerah. Salah satunya bersinergi dengan PDAM karena sesuai dengan motto Kasta NTB “oposan yang konstruktif, mitra yang kritis”

Melalui manajemen baru dibawah direks yang masih muda, seperti PLT Direktur Utama PDAM saat ini lanjut Lalu Wink Haris, kegiatan seperti acara tersebut tidak dilakukan secara sporadis, periodek dan tanpa berkelanjutan.

“Harapan kami, kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus berlanjut ditahun-tahun yang akan datang. Dan kami sebagai bagian dari komponen masyarakat siap bersinergi dengan semua pihak termasuk PDAM,”kata Lalu Win Haris.

Walau ini sesuai dengan aturanya menjadi tanggungjawab sosial PDAM, namun dari evaluasi dan perkembangan yang selama ini diikuti Kasta NTB, seringkali CSR tersebut kurang tepat sasaran.

Hal itu bisa jadi karena PDAM memang bukan keahlianya untuk mengeksekusi program tanggungjawan sosial tersebut. Maka Kasta sebagai bagian dari komponen masyarakat siap jemput bola bersinergi eksekusi program tanggangujawab sosial seperti yang saat itu dilakukan.

“Karena ini live di media, maka agar ini diketahui oleh seluruh masyarakat, dimana kegiatan ini bagian dari evaluasi agar bagaimana program tanggungjawab sosial benar-benar menyentuh kepentingan masyarakat,”jelas Lalu Wink Haris.

Dan Kasta NTB sebagai lembaga yang dipercakayan oleh PDAM siap mempertanggungjawabkan dana CSR yang disalurkanya dengan tanpa melakukan potongan sepersen-pun.

PLT Direktur Utama PDAM Tirtha Ardhia Rinjani, Bambang Supraptomo S.Ip dalam sambuatanya menyatakan syukurnya dibantu Kasta NTB bisa menyelenggarakan kegiatan untuk memberikan bantuan yang menurutnya nilainya belum seberapa tersebut.

Kedepan nilai dan kegiatan dalam program-program seperti saat itu harap Direktur Muda ini, akan bisa terus ditingkatkan seiring berkembangnya perusahaan yang diamanahkan daerah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat tersebut.

Yang terpenting lanjut Bambang, pihaknya sangat mengaapresiasi action Kasta NTB yang telah mendorong PDAM untuk merubah pola-pola CSR selama ini dan sepakat bagaimana CSR bisa lebih efektif dan menyentuh langsung ke masyarakat yang membutuhkan.

“Memang kondisi PDAM saat ini masih jauh dari harapan masyarakat. Hal itu disebankan banyak faktor, mulai dari managemen hingga kepada persoalan konstuktif yang terus dibenahi,”kata Bambang.

Dijelaskan Bambang, CSR yang digelar hari itu adalah CSR untuk bidang pendidikan dan dilaksanakan di Batukliang Utara karena hampir 80 persen air yang dikelola PDAM berasal dari wilayah tersebut.

Lebih jauh Bambang berharap, Kasta NTB mau terus bekerjasama dengan PDAM pada tanun-tahun berikutnya terkait dengan dana CSR dan program-program lainya di PDAM.

 

 

 

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.