Home / Beritakini / Bupati Lombok Tengah, Lounching Kampung Horti Di Jurang Jaler

Bupati Lombok Tengah, Lounching Kampung Horti Di Jurang Jaler

BERITAKINI tentafmnews.com – Bupati Lombok Tengah, HL.Pathul Bahri S.Ip, Kamis 27/5/2021, lounching Kampung Horti di Desa Jurang Jaler Kecamatan Praya Tengah Lombok Tengah NTB.

Lounching Kampung Horti tersebut, dirangkai dengan Penyerahan Kartu Asuransi Tani Serta Penyerahan Bantuan Alat dan Mesin Pertanian.

Bupati dalam sambutanya menyampaikan, soal bagaimana marketing hasil pertanian saat ini sesuai disampai Kadis Pertanian dan Perternakan pada sambutanya pada acara tersebut, sudah tidak menjadi persoalan lagi. Karena KEK Mandalika merupakan “barang yang sudah pasti.”

Saat ini lanjut Bupati, uang sedang banyak bergerak di wilayah Kecamatan Pujut hampir Rp.8 triliun. Itu mulai dari Run Way dan Upron BIZAM hingga jalan baypass 8 jalur Bizam Kuta Mansalika.

Artinya lanjut Bupati, APBD Provinsi NTB hampir Rp.4 triliun dan APBD Lombok Tengah hampir Rp.2 triliun. Kalau Rp.8 trilin beredar saat ini di Lombok Tengah, itu artinya 4 kali lipat APBD Lombok Tengah.

“Apa yang ada hari ini kita patut berbangga, karena ini bukan hasil Pathul Bahri-Nursiah, namun hasi kaluarga masyarakat Lombok Tengah,”katanya.

Dalam kurun waktu antara tahun 2021-2022 lanjut Bupati, akan ada tamu sekitar Rp.50 ribu orang ke Lombok Tengah. Perhitungan mengenai jumlah persediaan hasil panen berupa anek Holtikultura dibutuhkan untuk menenuhi kebutuhan pokok tamu tersebut.

“Maka pantaslah kalau kementerian pertanian meminta dibentuk 1500 kampung Horti seperti ini,”imbuh Bupati.

Bersamamaan dengan itu lanjut Bupati, dibagikab juga Kartu Tani Maiq Meres kepada para petani penerima. Kartu tersebut, bermamafaat bila peternak yang kehilangan sapi, maka akan diganti dengan Rp.20 juta. Begitu juga bila petani yang gagal panen, akan diganti sesuai dengan luas lahan yang ditanam.

“Maka dari itu, terimakasih banyak buat semua warga dan jajaran pemkab Lombok Tengah dan Forkopinda yang telah ikut mensuskseskan kegiatan,”kata Bupati dihadapan puluhan petani yang saat itu menghadiri acara tersebut.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.