Home / Beritakini / Caleg Minta Agar Penghitungan Tingkat Kecamatan Menggunakan C1 Plano

Caleg Minta Agar Penghitungan Tingkat Kecamatan Menggunakan C1 Plano

BERITAKINI Talentafmnews.com – Calon Legeslatif atau Caleg meminta agar pleno rakapitulasi suara ditingkat kecamatan menggunakan C1 Plano. Hal itu karena adanya data C1 dan data Panwas yang tidak sesuai atau tidak singkron dengan C1 Plano.

M.Samsul Qomar,S.Sos selaku Caleg dari Dapil 8 Lombok Tengah untuk DPRD Provinsi NTB pada Sabtu 27/4/2019 menduga ada upaya beberapa pihak untuk mencurangi pemilihan legeslatif atau pileg di Lombok Tengah.

“Tim kami menemukan dibeberapa TPS, dimana dalam rekap panwas dan C1 yang dibawa saksi tertera angka 22, namun setelah C1 plano dibuka ternyata hanya 2 suara,”ungkap politisi Demokrat ini.

Di TPS selanjutnya, tertera angka 15  namun setelah di buka C1 Plano di temukan Angka 5.  Itu artinya lanjut MSQ, sapaan akrab anggota DPRD Lombok Tengah 2 periode ini, ada penambahan perolehan suara bagi calon tertentu. Hal serupa terjadi disejumlah TPS lainya.

“Untuk itu kami atas nama caleg, meminta kepada Bawaslu Kabupaten Loteng untuk segera mengeluarkan rekomendasi, agar penghitungan menggunakan harus berdasar C1 Plano besar. Ini agar proses penghitungan bisa berjalan adil dan tidak ada permainan dan pemilu ini menjadi berintegritas sesuai kehendak rakyat, bukan kehendak sekelompok orang,”tandasnya.

Pihaknya lanjut MSQ, secara resmi akan bersurat ke Bawaslu atas kejadian tersebut.  Ia berharap penyelenggara senantiasa berlaku jujur dan adil demi demokrasi yang berkualitas.

“Tidak apa-apa prosesnya agak lama, tapi aman untuk semua pihak.”pungkasnya. (ding)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.