Home / Beritakini / Camat Praya Barat Daya Akhirnya…..

Camat Praya Barat Daya Akhirnya…..

BERITAKINI talentafmnews.com – Akhirnya tersangka terduga korupsi dana marbot, Camat Praya Barat Daya, Kamarudin,SH ditahan penyidik Mapolres Lombok Tengah.

Kapolres Lombok Tengah, AKBP. Budi Santosa,SH,SIK,MH, Jumat 15/3/2019 dalam jumpa pers di ruang kerjanya sekitar pukul 16.00 wita menyampaikan, penahan terhadap tersangka dilakukan antara lain dengan alasan, agar tidak melarikan diri, menghilangkan barang bukti dan kasus tersebut merupakan kasus korupsi yang memiliki kerawanan sosial tinggi bila tidak segera diselesaikan.

Lebih lanjut Kapolres, kasus tersebut telah diproses dengan memeriksa sebanyak 94 orang saksi baik dari marbot, pihak terkait dan bahkan sejumlah camat lainya untuk mengkomfirmasi soal bagaimana penyaluran dana marbot tersebut.

“Penyidik melakukan penahanan selama 20 hari kedepan. Dua alat bukti sudah ada begitu juga yang lainya, kalau dari pihak kejaksaan sudah menyatakan lengkap juga maka kita segera limpahkan,”jelasnya.

Sesuai dengan hasil audit Inspektorat disebutkan kerugian negara akibat kasus tersebut sebesar Rp.91.200.000 yang bersumber dari APBD Lombok Tengah yang diperuntukkan untuk marbot yang ada di 11 desa di Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah.

“Alasan camat bahwa uang itu hilang, terbantahkan oleh fakta-fakta yang terjadi dilapangan. Pembagian dana yang sama dikecamatan lain sebagaimana hasil komfirmasi dengan camat lain tidak ada kendala,”imbuhnya.

Dana Rp.91.200.000 itu sesuai dengan keterangan pihak terkait sejauh ini tidak ada kejelasanya termasuk juga dengan SPJ-nya. Pendalaman terhadap adanya dugaan aliran dana ke orang lain hingga saat ini pihak kepolisian belum menemukanya.

“Kita menjerat tersangka dengan Pasal 8 uu no 31 tahun 1999 jo uu no 20 tahun 2001 tentang tipikor dan sudah terpenuhi semua unsurnya dengan ancaman 3 sampai dengan 15 tahun penjara,”tutup Kapolres. (ding)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.