Home / Beritakini / Desa Pagutan Perkuat Silaturrahim Dengan Gelar Presean Se-Lombok Tengah

Desa Pagutan Perkuat Silaturrahim Dengan Gelar Presean Se-Lombok Tengah

BERITAKINI talentafmnews.com – Untuk pertama kalinya, Desa Pagutan Kecamatan Batukliang gelar Peresean Se-Lombok Tengah. Kegiatan itu, dimulai pada Kamis 5/9/2019 dan akan digelar sampai hari rabu 11/9/2019 di lahan kosong tanah pecatu Dusun Sangkewati Desa Pagutan.

Kepala Desa Pagutan, Subandi mengatakan, peresean merupakan budaya peninggalan nenek moyang suku sasak yang pada zaman dulu tujuannya mencari pepadu atau petarung.

Dan dizaman sekarang, peresean tetap ada dan berkembang menjadi salah satu budaya yang dilesatrikan dan kini jadi salah satu kesenian tradisional Lombok.

“Peresean ini terobosan kami untuk terus melestarikan budaya ini. Apalagi dalam sejarah pergantian kades di desa pagutan belum pernah menggelar presean. Acara ini sangat di impikan masyarakat kami karena belum pernah ada di desa kami.”terang Subandi.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, selain mengobati kerinduan masyarakat akan budaya lokal, kegiatan peresean itu juga dihajatkan untuk memperkuat sillaturrahhim dengan seluruh kades seluruh Lombok Tengah.

“Kami adakan untuk mengobati kerinduan masyarakat pagutan akan budaya lokal dan sekaligus memperkuat silaturrahim antar seluruh kades se Lombok Tengah, walau hanya dengan biaya pribadi.” tutupnya.(Adit)

About Redaksi

Check Also

Kini Ada Water Thank Untuk Homestay di Gerupuk

BERITAKINI talentafmnews.com.- Menindak lanjuti arahan  Wabub Loteng, DR. HM. Nursiah S.sos M.Si, untuk memastikan ketersediaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.