Home / Beritakini / Diduga Akan Tutup Irigasi, Rencana Sebuah Pembangunan di Teratak Diprotes Warga

Diduga Akan Tutup Irigasi, Rencana Sebuah Pembangunan di Teratak Diprotes Warga

BERITAKINI talentafmnews.com – Diduga akan menutup satu-satunya saluran irigasi, rencana sebuah pembangunan di Desa Teratak Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah NTB, diprotes warga setempat.

Protes warga tersebut, akibatkan sebuah keributan kecil pada Jumat 5/11/2021, antara warga dan pihak terkait yang diduga akan melanggengkan rencana pembangunan yang hingga kini belum diketahui pasti itu.

Salah seorang tokoh pemuda setempat, Zulfan Jihadi menuturkan kepada Talentafm, rencananya, sebuah pembangunan akan dilakukan di lahan pribadi milik seorang warga yang diduga berasal dari Mataram berlokasi di Dusun Repok Monte Desa Teratak.

“Saat ini pembangunan  itu telah dimulai dengan membuka akses jalan. Dengan memulai melakukan pentaludan dan rencananya akan merabat jalan setapak ke lokasi,”ungkap Zulfan.

 

Lingkar biru rencana irigasi yang akan ditutup

Yang menjadi persoalan lanjut Zulfan, pembangunan itu akan menutup irigasi satu-satunya yang menjadi tumpuan masyarakat petani setempat.

Irigasi tetsebut selama ini mengairi hampir seluruh sawah milik warga yang ada di Desa Teratak. Yang makin membuat warga makin keras protes, ternyata rencana pembangunan itu belum mendapat rekomendasi dari Pemdes.

https://youtube.com/shorts/136AiRhGu2Y?feature=share

https://youtube.com/shorts/136AiRhGu2Y?feature=share

“Yang aneh, oknum pengawas pengairan malah mengaku telah mendapat izin dari Sekdes untuk menutup irigasi, padahal Sekdes kami menyatakan tidak pernah memberi izin,”ungkap Zulfan Jihadi.

Diakui oleh sejumlah pihak yang mengaku bagian dari pihak perencana pembangunan  tersebut, bahwa berbagai izin terkait pembangunan saat ini belum keluar dan masih dalam proses.

“Ini juga yang menjadi masalah, saat kami tanya izin mereka ngaku izinya belum keluar, namun pembangunan talud dan rencana rabat jalan sudah mulai mereka lakukan,”ketus Zulfan.

Zulfan Jihadi

Untuk itu, Zulfan bersama warga dengan tegas meminta kepada pemilik lahan yang akan membangun di Dusun Repok Monte tersebut, segera berkoordinasi dengan pihak desa dengan membawa seluruh izin yang terkait.

“Kami warga juga tidak tahu, mau bangun apa dengan jalan yang dia mau rabat itu. Isunya kolam renang, namun hingga saat ini belum kami ketahui kepastianya mau bangun apa si pemilik itu,”pungkas Zulfan.

Sementara itu, untuk mengkomfirmasi terkait dengan persoalan tersebut, warga kesulitan mendapatkan informasi mengenai pemilik rencana pembangunan tersebut.

Adapun Sekdes Teratak, M.Turmuzi dikomfirmasi via WA-nya terkait dengan hal tersebut, belum memberikan jawaban.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.