Home / Beritakini / Dinas Pertambun NTB, Turun Tindak Lanjuti Hearing Gempar NTB

Dinas Pertambun NTB, Turun Tindak Lanjuti Hearing Gempar NTB

BERITAKINI talentafmnews.com – Sejumlah orang dari Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distambun) NTB, rabu 19/1/2022 turun ke lapangan menindak lanjuti hearing LSM Gempar terkait dengan dugaan penjualan pupuk bersubsidi diatas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Tim Distambun yang terdiri dari berbagai unsur tersebut, didampingi Ketua Umum (Ketum) dan sejumlah pengurus LSM Gempar NTB mendatangi sejumlah kios pengecer pupuk di Lombok Tengah.

Tim tersebut,  juga langsung ke kantor UPT HPT Keswan Kopang Rembiga Kecamatan Kopang, untuk berkoordinasi dengan kepala UPT dan jajaran agar benar-benar melakukan pengawasan sampai lini bawah supaya petani tidak mendapat kendala terkait dengan pupuk.

“Ada temuan kami, dimana oknum pengecer selalu menggandengkan pupuk bersubsidi dengan non subsidi saat melakukan penebusan pupuk non subsidi,”ungkap Sekjend Gempar NTB,Muhammad Suburman.

Hal itulah yang diduga menjadi penyebab harga pupuk tersebut mahal dan selalu menjadi masalah dikalangan petani dan pengecer. Mestinya penebusan pupuk bersubsidi harus dipisahkan dengan penjualan pupuk non subsidi.

“Susuai dijelaskan oleh pihak Distambun NTB, secara aturan, apapun alasannya tidak boleh digandengkan antara pupuk subsidi dengan non subsidi,”imbuh Suburman.

Untuk itu, LSM Gempar pada kesempatan tersebut,  minta kepada pihak dinas terkait di Lombok Tengah untuk menegur keras oknum distributor dan pengecer tersebut, agar kedepan tidak diulangi lagi, bila perlu kalo sudah terbukti cabut ijinnya,”tandas Suburman.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, Ketua Tim yang turun, yakni Ibu Lis yang sekaligus Kabid Pertanian Distambun NTB mengatakan, tim tersebut sekaligus untuk  memastikan penyaluran pupuk bersubsidi tepat sasaran.

“Tujuan kami turun, sekaligus untuk memastikan agar pupuk subsidi tersebut tidak dijual atas HET,”kata Bu Lis.

Pihaknya lanjut Bu Lis, juga untuk melakukan cek and ricek terhadap semua pengecer yang ada, khususnya kepada pengecer sesuai hasil temuan LSM Gempar NTB.

 

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.