Home / Polemik / Duta Lingkungan NTB Apresiasi Pengungkapan Dugaan Pembalakan Hutan

Duta Lingkungan NTB Apresiasi Pengungkapan Dugaan Pembalakan Hutan

TALENTAFMNEWS.COM – Yayasan Duta Lingkungan NTB, apresia masyarakat, lembaga dan pihak aparat terkait yang telah berhasil hentikan dugaan pembalakan hutan secara ilegal di kawasan hutan lindung Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah NTB.

Ketua Yayasan Duta Lingkungan NTB, Lalu.Amrillah pada rabu 23/11/2022 kepada Talenta FM Indonesia menyampaikan, Yayasan Duta Lingkungan Provinsi NTB, mengutuk keras aksi main tebang pohon yang dilakukan oleh oknum masyarakat tersebut.

“Tindakan itu sangat merugikan semua pihak, terlebih lagi pohon-pohon yang ditebang tersebut berada di dekat sumber mata air,”kata Lalu Amrillah.

Perbuatan ini lanjut Lalu Amrillah, harus dihukum seberat beratnya. Pihaknya setiap tahun menyumbangkan tenaga, pikiran dan pohon untuk ditanam di Lantan demi kelestarian alam dan ekosistem yang ada di kawasan itu, namun dengan enaknya oknum menebang.

“Apapun dalihnya harus diproses secara hukum, baik masyarakat yang menebang, maupun aktor intelektualnya,”tandas Jurnalis senior ini.

Untuk itu lanjut Lalu Amrillah, Yayasan Duta Lingkungan Provinsi NTB dan Paguyuban Duta Lingkungan Provinsi NTB, meminta kepada aparat kepolisian untuk serius menangani kasus tersebut.

“Kami apresiasi masyarakat dan LSM yang telah berani mengungkap dugaan pembalakan liar hutan tersebut,”pungkas pria yang juga Ketua Dewan Pembina Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT) ini.

Sementara itu, Duta Lingkungan NTB, Lara Aulia via WA kepada Talenta FM Indonesia menyatakan, kasus pembalakan hutan memang sangat rawan terjadi.

Jika dibiarkan dan tidak diberikan atensi lebih, tentu akan menjadi suatu hal yang lazim. Pasalnya, dari pembalakan hutan secara ilegal akan menimbulkan dampak yang menyeluruh.

“Kalau dibiarkan pembalakan liar hutan, maka akan berdampak menyeluruh. Mulai dari bagaimana kelestarian alam, keberlangsungan fauna, juga Hak Guna Usaha, yang seharusnya dapat dimaksimalkan untuk publik, malah beralih menjadi kepentingan pribadi,”kata mahasiswi cantik ini.

Lara Aulia berharap, warga dan pemerintah setempat, harus lebih tanggap cepat dan bersinergi dalam menilik tindakan semacam ini, guna menjaga alam dan menjaga kehidupan.

“Semoga saja dalam kasus yang diungkap masyarakat setempat bersama LSM Kasta NTB itu, tidak banyak pohon yang telah ditebang dan jadi korban,”pungkas gadis berhijab asal Lombok Timur ini.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *