Home / Peristiwa / Gara-gara “Si Covid”, Nasip “Putri Mandalika” 2021 Belum Jelas

Gara-gara “Si Covid”, Nasip “Putri Mandalika” 2021 Belum Jelas

BERITAKINI talentafmnews.com.- Nasib kegiatan tradisional perayaan kedatangan jelmaan Putri Mandalika dalam tradisi “Bau Nyale” pada tahun 2021 ini, belum jelas gara-gara pandemi cavid-19.

Penjabat Sekda Lombok Tengah, Drs.HL.Idham Khalid S.Pd M.Pd kepada radio talentafm , senin 4/1/2021 ditemui di Kantor Bupati setempat menyampaikan, hingga saat ini pihaknya belum melakukan rapat khusus soal Bau Nyale tersebut.

“Nanti kita akan melakukan rapat khusus terkait dengan Bau Nyale ini,”katanya.

Masa pandemi covid-19 ini lanjut Sekda, membuat pihaknya belum bisa menjelaskan secara detail bagaimana pelaksanaan bau nyale yang biasanya dihadiri jutaan warga dari seluruh Indonesia tersebut.

Namun demikain tandas Sekda, kegiatan Sangkep Warige yang merupakan kegiatan sakral penentuan tanggal datangnya Nyale akan tetap dilaksanakan.

“Sangkep Warige akan tetap kita laksanakan pada bulan Januari ini,”imbuhnya.

Perhelatan setiap tahun yang merupakan giat tradisional nenek moyang warga Lombok itu lanjut Sekda akan tetap dilaksankan.

“Bau Nyale ini adalah tradisi masyarakat sejak dahulu kala, sebelum pemerintah ikut andil dalam kegiatan itu, masyarakat telah lebih dahulu melakukanya setiap tahun. Dan ribuan bahkan jutaan warga hadir disana,”jelasnya.

Untuk itu lanjut Sekda, yang bisa dilakukan adalah bagaimana mengatur kegiatan itu agar dilaksanakan dengan prokes covid-19 sehingga tidak menjadi klaster baru penyebaranya.

“Sekarang saya akan hadir rapat di Polda, dalam rapat itu nanti kita akan sampaikan tentang bau nyale ini. Kita minta petunjuk beliau,”terang Sekda.

 

 

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.