Home / Polemik / Gempar NTB Sumbawa Tegaskan, Bukan Menolak BSPS, Justeru Agar Tepat Sasaran

Gempar NTB Sumbawa Tegaskan, Bukan Menolak BSPS, Justeru Agar Tepat Sasaran

SUMBAWA NTB, talentafmnews.com – LSM Gempar NTB DPD Sumbawa tegaskan, pihaknya melakukan hearing ke Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kabupaten Sumbawa pada 25/7/2022 lalu, bukan untuk menolak program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), namun justeru agar program tersebut tepat sasaran.

Ketua LSM Gempar NTB Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sumbawa, Rudini S.P kepada Talenta FM, Jumat 29/7/2022 via WA menyampaikan, pihaknya menilai kalau program BSPS yang bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyak (PUPR) tersebut, sejauh ini tidak tepat sasaran.

“Dari data yang kami peroleh, penerima saat ini rata-rata kami nilai tidak layak dari segi penghasilan, berhubungan hajat dari program tersebut yaitu untuk masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR dan rumah tidak layak huni,”kata Rudy, sapaan aktivitis muda Sumbawa ini.

Pihaknya menilai, tim verifikasi yang telah dibentuk dan turun ke lapangan untuk mendata para penerima program tak maksimal dan tak profesional.

Program itu lanjut Rudy, diharapkan mampu memenuhi hak dasar rakyat Indonesia untuk bertempat tinggal yang layak dalam lingkungan yang sehat dengan beberapa ketentuan-ketentuan diantaranya, termasuk untuk rakyat yang tidak mampu membangun rumah sendiri dan lain sebagainya.

“Kami mengharapkan program tersebut justeru berjalan dengan baik, tepat sasaran dan sesuai dengan mekanisme yang ada. lantas bagaimana ketika di lapangan terjadi penyimpangan tentunya masyarakat harus ikut hadir dan meluruskanya,”tegas Rudy.

Itulah sebab, pihaknya hearing sebagai upaya meluruskan agar program BSPS itu bisa di jalankan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada, agar apa yang menjadi hajat dari program ini bisa terlaksana dengan baik sesuai prinsip 3T  yakni tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran.

“Jadi sangat kami sayangkan ketika ada yang mengatakan bahwa program BSPS ini kami tolak atau ada unsur kepentingan lainya. Kami malah sangat-sangat bersyukur dan mendukung program ini ada di Kabupaten Sumbawa, bahkan menyebar sampai ke pelosok desa, namun dengan catatan harus sesuai dengan aturan atau petunjuk teknis yang ada,”tandas Rudy.

Dari itu pihaknya lanjut Rudy,  meminta dengan hormat kepada siapapun yang suka menyebarkan isu-isu miring atas hearing yang dilakukam, untuk segera dihentikan. Karena itu mampu membuat orang salah paham dan bisa menimbulkan kegaduhan di tengah-tengah masyarakat.

“Alangkah baiknya setiap informasi yang diterim untuk membuktikan dulu kebenaranya dengan cara bertanya atau konfirmasi kepada pihak-pihak yang bersangkutan, agar tidak terjadi kesalahpahaman di tengah-tengah masyarakat. Bukan malah sebaliknya justru malah membuat kegaduhan!!”ujar Rudy.

Semoga lanjut Rudy, masyarakat lebih cerdas dan lebih bijak dalam menilai dan menerima informasi yang ada agar tidak cenderung menerima secara serta merta dari satu pihak tanpa membuktikan kebenaran terlebih dahulu.

Sementara itu, Sekertaris Jendral Dewan Pimpinan Pusat (Sekjen DPP) LSM Gempar NTB, Suburman via WA terkait hal tersebut menyampaikan, pihaknya akan menemui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang Permukima (Perkim) Provinsi NTB untuk memperjelas permasalahan tersebut.

Apalagi sesuai informasi yang diterimanya dari DPD LSM Gempar Sumbawa, bahwa pihak dinas terkait menyatakan kalau data penerima tidak bisa dirubah dengan alasan para penerima telah ditetapkan oleh pihak kementerian dan dari BKKBN Pusat.

Sedangkan sejauh yang diketahui SLM Gempar NTB Sumbawa, bahwa ada tim verifikasi yang dibentuk oleh PPK yang terdiri dari; Ketua dijabat Kasi Wilayah Balai P2P, Sekertaris dari unsur Balai P2P dengan anggota dari;

1. Unsur Balai P2P
2. Unsur Dinas PKP Kabupaten
3. Unsur Bappeda Kabupaten
4.Unsur Bapermas Kabupaten
5.Unsur Dinas Sosial
6. Unsur Dinas Kecamatan
7.Unsur Desa Kelurahan

“Jadi sangat tidak mungkin ketika PPK atau orang dinas mengatakan tidak dapat rubah,”pungkas Sekjend DPP LSM Gempar NTB ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Permukiman Dinas PRKP Sumbawa, Indro dikonfirmasi terkait dengan hal tersebut, belum memberikan jawaban.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.