Home / Beritakini / Hadiri Rakerda Kasta NTB, Gubernur NTB DR.H.Zulkieflimansyah Nyatakan Kebangganya

Hadiri Rakerda Kasta NTB, Gubernur NTB DR.H.Zulkieflimansyah Nyatakan Kebangganya

BERITAKINI talentafmnews.com – Ditengah kesibukanya yang begitu padat, Gubernur NTB DR.H.Zukilfliemanysah, Sabtu 26/2/2022 hadiri acara Rapat Kerja (Rakerda) ke 7 Kasta NTB di Lombok Plaza Hotel Mataram.

Dalam sambutanya pada acara tersebut, Gubernur NTB menyatakan, di jam yang sama dirinya memghadiri sebuah acara dengan sejumlah tuan guru di Lombok Utara.

“Makanya kalau saya pamit duluan sama para tuan guru, nanti khawatirnya saya dibilang tidak beradab. Makanya saya sempatkan hadir apa adanya ke acara Rakerda ini sekarang. Tadinya saya mau datang lebih pagi ke sini, tetapi kawan-kawan Kasta bilangnya kepagian,”kata Gubernur.

Dirinya datang apa adanya saat jam makan siang Kasta NTB itu tandas gubernur, karena kebanggaanya kepada Kasta NTB.

Pada kesempatan tersebut mengungkapkan kalau motto Kasta NTB yakni “oposan yang konstruktif dan mitra yang kritis” merupakan terminologi baru baginya.

Berkaitan dengan hal itu, menurut Gubernur saat ini memang dibutuhkan institusi-institusi sebagai katalis sehingga proses kebuntuan-kebuntuan yang ada dalam proses pembangunan dalam kemitraan bisa lebih baik.

“Mitra yang konstruktif itu begitu, jadi pendapat saya secara subyektif dan pengalaman saya dalam pergerakan, LSM itu tidak mesti harus demo-demo,”imbuh Gubernur.

LSM itu lanjut Gubernur, tidak harus mencari kesalahan orang. LSM itu by teori tidak harus mempermalukan orang, kenapa? Karena tuhan itu tidak tidur, tidak ada justifikasi bahwa aktivis LSM itu harus membuka aib seseorang,”jelas Gubernur.

Begitu juga lanjut Gubernur, tida ada Justifikasi dalam agama karena mentang-mentang LSM harus melukai btahin orang lain.

“Banyak saya temukan LSM-LSM kayak beini, hidupnya mengenaskan,”kata Gubernur.

Menurut Gubernur, motto oposan yang konstruktif dan mitra yang kritis itu ikut mengisi dan masuk dalam proses pemerintahan dan birokrasi yang penuh kebuntuan.

“Saya mau tawarkan begini, pemerintahan dan birokrasi itu tidak bisa mengalir dengan baik karena begitu banyaknya kepentingan,”terang Gubernur.

Nah LSM Kasta lanjut Gubernur, karena nothing to lose, integritasnya baik, sehinga LSM Kasta ini mampu membuka kebuntuan-kebuntuan sehingga apa yang dihadirkan oleh pemangku kebijakan tidak menyengsarakan rakyat dan juga tidak menyengsarakan pemerintah.

Untuk itu lanjut Gubernur, disaat sekarang ini begitu banyak investor yang ingin menbangun di NTB, namun tidak mengetahui tentang daerah NTB. Maka ketimbang mereka menggunakan koansultan-konsultan dari luar negeri kenapa tidak menggunakan anak dalam negeri.

“Supaya kepala desa senang, kepala dusun senang, masyarakat tidak jadi korban, investornya juga bahagia. Jadi ini kita carus mencari caranya dengan kita harus bersahabat dengan semua orang,”imbuh Gubernur.

“Kalau hanya mau nakut-nakuti orang ada batasnya. Tidak semua orang akan takut, apa lagi kalau orang itu benat,”imbuh Gubernur lagi.

Untuk itu Gubernur pada kesempatan tersebut memberi inspirasi kepada LSM Kasta NTB menjadi mitra pemerintah dan mitra dunia usaha untuk mengakselerasi pembangunan , utamanya di Lombok Tengah, NTB dan Indonesia pada umumnya.

“Sehingga orang yang tadinya tidak merasa nyaman, akan menjadi nyaman. InsyaAllah kalau ada Kasta semua jadi aman, binis lancar, masyarakat kecilnya dibela dan semua itu untuk mencari ridha Allah SWT,”ucap Gubernur.

“Akhirnya selamat Rakerda, Kasta NTB menurut saya LSM yang berani menyuarakan kebenaran disaat yang lain tidak berani menyuarakan apa-apa,”pungkas Gubernur.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.