Home / Beritakini / Ini Luar Biasa! Kasta NTB Terus Lakukan Bhakti Sosial, Kali Ini Membangun Rumah Untuk Seorang Warga Miskin Di Desa Setanggor

Ini Luar Biasa! Kasta NTB Terus Lakukan Bhakti Sosial, Kali Ini Membangun Rumah Untuk Seorang Warga Miskin Di Desa Setanggor

BERITAKINI talentafmnews.com – Kasta NTB, terus melakukan bhakti sosial, kali ini dengan membangunkan rumah untuk warga miskin, yang memiliki rumah tidak layak huni secara swadaya. Dimana pada Kamis 16/4/2020, rumah dibangun untuk seorang janda tua dan miskin yakni Papuk Serah Di Desa Setanggor Kecamatan Praya Barat Lombok Tengah NTB.

Ketua Kasta NTB DPD Lombok Tengah, Abdul Hamid kepada radio talentafm dalam pernyataan tertulisnya menyampaikan, Papuk Serah selama ini tinggal sendiri di rumah yang sangat tidak layak untuk ditinggali.

“Rumahnya itu sangat tidak sehat dan kondisi hampir roboh, karena termakan usia. Ditambah keadaan kesehatan yang bersangkutan mulai sakit sakitan dan tidak bisa berjalan. Itulah sebab tujuan Bhakti Sosial kami kali ini untuk Papuk Serah,”ungkapnya.

Selain itu lanjut Abdul Hamid, untuk kebutuhan menyambung hidup sehari-hari, papuk serah hanya mengandalkan bantuan tetangga dan orang-orang di sekitarnya.

Rupanya imbuh Abdul Hamid, segala bentuk bantuan pemerintah tidak pernah Papuk Serah terima, akibat data dan dokumen kependudukan yang bersangkutan, baik berupa KK dan KTP tidak pernah diurus.

“Biarlah kami secara swadaya, memutuskan untuk merehab total rumah papuk serah dengan merobohkan rumahnya yang lama, kemudian kami bangunkan rumah baru, yang insyaAllah layak untuk beliau tinggali dengan fasilitas tempat tidur yang layak,”ungkap Abdul Hamid.

Kasta NTB,  menyesalkan apatisme pemdes setanggor yang membiarkan masyarakatnya hidup sangat tidak layak selama bertahun-tahun tanpa sentuhan bantuan.

Dengan situasi keuangan desa yang saat ini cukup besar dan di dalamnya dimungkinkan untuk pengalokasian rehab rumah warga melalui program RTLH, seharusnya hal ini tidak boleh terjadi.

“Percuma gaung klaim desa setanggor sebagai ikon desa wisata lombok kalau ternyata ada warganya yang hidup terlunta begini,” kecam Hamid.

Hal ini lanjut Hamid,  hendaknya menjadi perhatian serius pemdes hingga pemkab, agar jangan ada lagi warga yang dilupakan dan terlupakan oleh proses pembangunan. Sebab, sejatinya pembangunan adalah memanusiakan manusia, bukan sebaliknya membiarkan manusia hidup tidak manusiawi.

“Pembangunan rumah papuk serah oleh Kasta NTB, diharapkan bisa dituntaskan hari sabtu besok, sehingga kemungkinan lusa Papuk Serah sudah bisa tinggal di rumah barunya. Harapan kami, semoga semua berjalan dengan lancar dan sesuai harapan kita bersama,” pungkas Hamid menutup rilisnya.

 

About Redaksi

Check Also

Jangan Percaya! Siapa Saja Yang Ngaku Bisa Bebaskan Tersangka Dari Jerat Hukum

BERITAKINI talentafmnews.com – Jangan percaya siapa saja yang ngaku bisa bebaskan tersangka  dari jerat hukum, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.