Home / Peristiwa / Inilah Energi Terbarukan Untuk Omprongan Tembakau

Inilah Energi Terbarukan Untuk Omprongan Tembakau

BERITAKINI talentafmnews.com – Energi terbarukan itu dilounching pada Minggu 20/1/2019 di Training Farm Puyung Desa Puyung Kecamatan Jomggat Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Reporter Talentafm, Adit Al Faribi melaporkan, adapun energi terbarukan untuk omprongan tembakau itu berupa Katu dari pohon turi, Kayu Putih dan Akasia Auri yang kemudian dijadikan sebagai bahan bakar.

Asisten III Gubernur NTB, Hj.Hartinah dalam sambutanya menyampaikan, asal muasal kegiatan itu adalah 3 isu yang menjadi prioritas yakni kesehatan, pendidikan dan lingkungan.

Dalam konteks energi terbarukan kali ini, masuk dalam hampir semua isu tersebut.  Dimana petani tembakau telah mampu memghidupi keluarga dari bertani tembakau tersebut.

“Untuk itu begitu pentingnya petani tembakau dibina dan didorong mengingat darir tembakau mereka bisa sekolah, haji dan menghidupi keluarganya,”katanya.

TGB tahun 2007 silam, didatangi DPR RI untuk mengharamkan tembakau. Akan tetapi TGB memberi tanggapan, jika tembakau diharamkan maka turunannya seperti haji dan sekolah juga haram.

Berangkat dari pertimbangan itulah, pihak provinsi melounching bahan bakar alternatif terbarukan tersebut.

Pantauan Talentafm, acara tersebut dirangkai dengan pemberian bibit 3 pohon yang menjadi sumber energi terbarukan tersebut yang disaksikan oleh puluhan petani tembakau dan jajaran pejabat dari dinas dan istansi terkait di Lombok Tengah. (adit)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.