Home / Peristiwa / Inilah Ketupat Agung Lebaran Topat Dengan Kum Kum Bunga Setaman Dari 9 Gunung

Inilah Ketupat Agung Lebaran Topat Dengan Kum Kum Bunga Setaman Dari 9 Gunung

BERITAKINI talentafmnews.com – Salah satu bagian penting lebaran topat di Lombok Tengah adalah Ketupat Agung dengan kum kum bunga setaman dari 9 gunung yang ada disekitar Mandalika Resort Kuta Lombok Tengah NTB.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah, HL.Putria,S.Pd,M.Pd pada prosesi penyerahan arak-arakan ketupat agung tersebut ke Sekda, HM.Nursiah,S,Sos.M.Si menyampaikan, Ketupat Agung terdiri dari 9 macam pangan dari seluruh desa dengan 333 ketupat yang dihiasi kum kum bunga setaman dari 9 gunung disekitar Mandalika Resort.

Lebaran topat lanjut HL.Putria yang juga tokoh budaya di Lombok Tengah ini, lebih lanjut menyampaikan adalah sebuah ritual sujud syukur masyarakat atas karunia yang diberikan oleh Allah SWT dengan jaran Nede Rahayu Ayuning Jagat yakni sebuah permohonan doa keselamatan.

“Pirantinya adalah Ketupat Agung yang terdiri dari 9 pangan yang ada di Lombok Tengah. Antara lain, 9 macam ayam, 9 macam buah-buahan, 9 macam bunga, 9 macam jajanan yang ada di Lombok Tengah dan lainya,”jelasnya.

Kenapa jumlahnya 9 lanjut HL.Putria, sesuai dengan jumlah Asmaul Husna dan disempurnakan dengan angka 100 berupa uang Rp.100 yang ada dipuncak Ketupat Agung yang telah dipersembahkan kepada seluruh masyarakat yang hadir pada acara lebaran topat tersebut. (ding)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.