Home / Polemik / Kades Terpilih di Montong Ajan Tutup Akses Jalan?

Kades Terpilih di Montong Ajan Tutup Akses Jalan?

LOMBOK TENGAH (NTB) talentafmnews.com – Kepala Desa (Kades) terpilih di Desa Montong Ajan Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah, diduga menutup akses jalan yang menuju tiga dusun di desa tersebut.

Dewan Pimpinan Wilayah(DPW) Lemabaga swadaya masyarkat (LSM) Lembaga investigasi dan informasi kemasyarkatan (LIDIK) NTB, sangat menyayangkan hal tersebut terjadi.

Terlebih didapatkan info dari masyarakat bahwa kades terpilih melakukan itu diduga karena warga pada tiga dusun itu tidak banyak yang memilih dirinya pada Pilkades serentak 31 Agustus 2022 lalu.

“Jadi diduga kades terpilih menutup akses jalan yang ada Dusun Apit Aik dan Dusun Batu Dace menuju Dusun Sambeng karena masyarakat di sana tak memilih dia, selain itu menutup jalan diduga bersama Investor,”ungkap Sahabuddin SE, Selaku Ketua DPW LSM LIDIK NTB, pada Minggu 4/9/2022 kepada Talenta FM via WA.

Citung, sapaan akrab Ketua LIDIK ini, menilai Kades terpilih tersebut tidak punya perasaan. Karena di saat masih banyak program desa yang diduga mangkrak, sekarang hanya karena tidak dipilih oleh masyarakat salah satu atau tiga dusun, jalan malah ditutup.

“Dan kami mengecam tindakan kepala desa terpilih dua priode tersebut, apa bila informasi masyarkat tersebut benar adanya. Dan kami siap akan membantu masyarkat yang terdampak tersebut,”tandas Citung.

Kepala Desa (Kades) terpilih Desa Montong Ajan Kecamatan Praya Barat Daya, Enduddi Yadi membantah pihaknya menutup akses jalan karena tidak dicoblos di tiga dusun.

Fakta sebenarnya lanjut Enduddi, jalan tersebut tidak ditutup, melainkan dibatasi sesuai kesepakatan Kepala Dusun (Kadus) setempat. Dalam hal ini Kadus Apit Aik.

“Jadi yang ada itu pembatasan jalan, karena sekitar tiga bulan yang lalu, ada kesepakatan antara Kadus dan warga selaku pemilik tanah yang memang sepakat untuk dijadikan jalan,”jelas Enduddi via WA-nya.

Warga Dusun Apit Aik lanjut Enduddi, tetap bisa melewati jalan yang dimaksud seperti biasanya. Untuk di dusun lainya, sama sekali tidak ada akses jalan yang ditutup.

“Masak saya harua menutup akses jalan seperti itu, apalagi saya sudah menang. Warga di sana itu juga adalah saudara-saudara dan keluarga saya yang harus saya rangkul dan ayomi, semuanya,”pungkas Kades terpilih ini.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *