Home / Beritakini / Kadis Pertanak Loteng, Jumpa Pers Sebab Kematian Kerbau di KEK Mandalika

Kadis Pertanak Loteng, Jumpa Pers Sebab Kematian Kerbau di KEK Mandalika

BERITAKINI talentafmnews.com – Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Lombok Tengah, rabu 29/9/2021 gelar jumpa pers terkait kematian kerbau di KEK Mandalika

Kadis Pertanak Lombok Tengah, Ir.Lalu Iskandar dalam jumpa pers yang didampingi oleh 2 pejabat Dispertanak tersebut menyampaikan, penyebab kematianya adalah Bakteri dan Penyakit.

Bakterinya dinamakan Pasturela Muktosida dan penyakitnya disebut Septykemia Estizotyka atau kalau istilah sasak adalah penyakit “Ngorok”

Hal itu lanjut Ir.Lalu Iskandar sesuai dengan hasil uji laboraturium di Banyumulek dan Balai Besar Hewan di Denpasar Bali.

“Sehingga jelas tidak ada kaitanya dengan pembangunan di KEK Mandalika atau kercanunan dan lainya,”jelas Kadis pada jumpa pers yang digelar di Aula Kantor Dispertanak Lombok Tengah tersebut.

Dimana penyakit Septykemia Estizotyka atau disingkat SE ini merupakan penyakit menular strategis kepada hewan lainya.

Kondisi keberadaan kerbau di Kuta saat ini, dipotong paksa akibat penyakit itu adalah 74 ekor, mati 6 ekor dan jumlah total populasi kerbau di desa Kuta Kecamatan Pujut 330 ekor.

Untuk mengatasi agar penularan penyakit tersebut, pihak Dinas akan melakukan isolasi hewan selama sekitar seminggu untuk melakukan vaksinasi.

“Tingkat ketersediaan vaksin 100 dosis, ada kemungkinan didukung Dinas Peternakan dan Hewan Provinsi NTB. Nanti kami koordinasi dengan provinsi,”jelas Kadis.

Penyakit ini lanjut Kadis, biasanya datang saat pergantian iklim dan populasi kerbau ada diwilayah selatan.

“Apakah vaksin bisa menjamin, penyakit itu tidak akan menyerang lagi, tergantung anti bodi hewan ternak sendiri, persis sama seperti kita manusia,”papar Kadis.

Dimana total populasi kerbau yang ada di Lombok Tengah yakni 21772 ekor dan yang terserang penyakit hanya 10 persen dari total populasi kerbau tersebut. (tim)

About Redaksi

Check Also

Pojok NTB Urai Polemik HGB Gili Trawangan Dalam Diskusi

BERITAKINI talentafmnews.com.- Group WA Pojok NTB menggelar diskusi publik, Kamis 20/1/2022, soal memgurai polemik Hak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.