Home / Beritakini / Kasta Minta Pemkab Loteng Serius Tata Pengelolaan Hortipark

Kasta Minta Pemkab Loteng Serius Tata Pengelolaan Hortipark

BERITAKINI talentafmnews.com – Kasta NTB meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah (Loteng) NTB, serius menata kembali pengelolaan lahan di area Holtikultura Park (Hortipark) di Desa Karang Sidemen Batukliang Utara.

Lahan seluas ratusan hektar yang sejak tahun 2011 dikelola oleh masyarakat sekitar hutan untuk ditanami berbagai tanaman holtikultura, sekarang ini sudah diduga menjadi obyek jual beli dan pemindah tanganan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini disampaikan oleh ketua KASTA NTB DPC Batukliang Utara, Sukriadi Rahman, Jumat 10/12/2021 dalam rilisnya kepada Talentafm.

Sukri meminta,  pemkab menerbitkan regulasi baru yang akan mengatur tata kelola kawasan yang dulu pernah jadi kawasan sentra tanaman kopi milik salah satu perusahaan.

Jika pembiaran ini terus dilakukan, maka ada potensi terjadinya lahan milik negara tersebut dikuasai pribadi dan pemodal yang kemudian akan beralih fungsi menjadi kawasan yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

Praktek jual beli lahan di area Holtipark itu, sudah berlangsung sejak lama dan diduga melibatkan banyak pihak dan oknum, sehingga terbitnya regulasi yang akan mengatur semua termasuk legalitas para penggarap sangat penting dalam upaya penyelamatan lahan tersebut, agar sesuai peruntukannya sebagai kawasan taman hortikultura.

“Praktek pemindah tanganan lahan juga berpotensi mengusir para penduduk kawasan lingkar hutan sebagai pemanfaat adanya lahan tersebut karena dipindah tangankan kepada para pemodal yang datang dari berbagai daerah,” kata Sukri yang juga warga BKU ini.

Pihaknya lanjut Sukri, prihatin atas terjadinya jual beli lahan milik negara ini karena itu jelas melanggar aturan, di samping proyeksi penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) juga tidak ada karena belum ada payung hukum yang mengatur hal tersebut.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.