Home / Beritakini / Kasta NTB Aksi Damai di Kejati, Minta Tersangka Kasus RSUD KLU Ditahan

Kasta NTB Aksi Damai di Kejati, Minta Tersangka Kasus RSUD KLU Ditahan

BERITAKINI talentafmnews.com – NTB mendatangi Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB pada kamis 10/2/2022,  Kedatangan pengurus KASTA pada aksi damai tersebut, dalam rangka meminta penjelasan pihak Kejati NTB atas progres penanganan kasus korupsi RSUD KLU di tanjung Lombok Utara dan meminta para tersangka ditahan.

Ketua Kasta NTB DPD Lombok Utara Romi Raharjo dalam orasinya meminta kejelasan tentang penanganan perkara yang ditangani langsung oleh Kejati NTB tersebut sebab sampai saat ini belum ada satupun dari para tersangka yang ditahan.

“Kami meminta Kejati NTB untuk segera melakukan penahanan kepada para tersangka karena kita khawatir mereka akan melarikan diri dan atau menghilangkan barang bukti,”ujarnya.

Salah satu dari ke empat tersangka adalah Wakil Bupati Lombok Utara dan pihaknya khawatir dengan akses kekuasaan yang dia miliki saat ini sebagai pimpinan daerah, bisa menghilangkan barang bukti yang akan menghambat proses hukum para tersangka.

“Kita juga ingin penegakan hukum ini berlaku equal bagi semua orang, jangan hukum hanya tegas kepada rakyat jelata tapi kepada penguasa hukum menjadi sangat familiar dan humanis,”tandas Romi Raharjo.

Status mereka sebagai tersangka kejahatan korupsi, seharusnya tidak boleh diberikan kesempatan untuk tidak ditahan apalagi dengan bebas menggunakan dan menikmati fasilitas negara dalam keseharianya.

Karena perkara korupsi itu termasuk extra ordinary crime, itu kejahatan luar biasa yang tidak boleh ditoleransi. Apalagi para tersangka itu terbukti sudah melakukan korupsi pada pembangunan fasilitas kesehatan untuk rakyat, jadi seharusnya mereka ditahan.

Kedatangan pengurus KASTA dalam aksi mereka ke Kejati NTB diterima oleh kasi penyidikan pada bidang tindak oidana khusus Kejati NTB Agus Sunaryo SH.

Menyikapi tuntutan kasta tersebut Agus menyatakan, sepakat dengan apa yang menjadi tuntutan kasta untuk segera melakukan proses hukum kepada para tersangka.

Perkembangan kasus Korupsi pada RSUD KLU ini sudah masuk pemberkasan dan Minggu depan semua tersangka akan dipanggil untuk dimintai keterangan.

“Perkara ini pastinya akan segera kami tuntaskan. Silahkan lakukan pengawasan atas penanganan kasus ini,” pinta Agus, seraya mengucapkan terima kasih atas kedatangan pengurus KASTA dalam aksi damai tersebut.

Kasta NTB melalui ketua kasta NTB DPD Lombok Utara Romi Raharjo, memberiman tenggat waktu 2 minggu kepada Kejati NTB untuk segera melakukan penahanan kepada semua tersangka.

Setelah menyerahkan butir-butir tuntutan secara tertulis kepada pihak kejaksaan tinggi NTB, peserta aksi kemudian membubarkan diri dengan tertib.

“Kami akan tetap melakukan monitoring terhadap kasus korupsi RSUD KLU ini dan jika dalam waktu dua minggu ke depannya, tidak ada perkembangan maka kami berjanji akan datang kembali ke Kejati NTB denhan jumlah massa yang jauh lebih besar,” pungkas Romi.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.