Home / Polemik / Kasta NTB DPD Lotim Kecam Kaban BKPSDM Setempat

Kasta NTB DPD Lotim Kecam Kaban BKPSDM Setempat

TALENTAFMNEWS.COM LOMBOK TIMUR – Ketua Kasta NTB DPD Lombok Timur NTB, Daur Tasalsul SH.MH, mengecam Kepala Badan (Kaban) Kepegawaian Sumber Daya Manusia ( BKPSDM ) kabupaten Lombok Timur, Haji Mugni yang diduga mengancam melakukan mutasi ke luar pulau Lombok kepada ASN di Lombok timur yang tidak mau membeli beras di perusda PT argro Selaparang.

“Tindakan kepala BKPSDM Lotim tersebut bila benar, menunjukkan kualitas dan mentalitas pejabat birokrasi yang kolot dan kolonialis serta tidak paham aturan,” kecam Daur.

Seorang pejabat birokrasi apalagi yang leading sektor-nya berkaitan langsung dengan ASN, harus berucap, bersikap dan bertindak berdasarkan aturan yang ada.

Kepala BKPSDM Lotim disebut Daur, diduga belum memahami Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai negeri sipil serta Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) nomor 5 tahun 2019 tentang tata cara pelaksanaan mutasi dimana salah satu hal prinsip yang harus dijauhi adalah soal larangan konflik kepentingan.

Tidak ada kewajiban ASN SE Lombok timur untuk diharusan membeli beras di perusahaan daerah sejenis PD agro Selaparang tersebut karena itu urusan badan usaha milik pemkab yang menjalankan bisnis untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Kalau alasan kepala BKPSDM Lotim untuk tujuan menggerakkan sektor ekonomi masyarakat justru kebijakan tersebut adalah bentuk monopoli penjualan komoditi beras yang jelas mengancam keberlangsungan usaha kecil milik rakyat terutama para pedagang beras eceran di warung dan di pasar pasar.

“Terlebih lagi pembelian beras oleh para ASN ke PD agro Selaparang melebihi ketentuan harga yang ditetapkan pemerintah yakni sebesar 11.000 rupiah. Ini jelas kebijakan konyol dan tidak populis,” kata Daur.

Daur meminta kepada Bupati Lombok Timur untuk mengevaluasi dan memecat kepala BKPSDM Kabupaten Lombok timur tersebut, karena sudah melakukan tindakan yang memicu kegaduhan, tidak sesuai aturan dan overlap dalam menjalankan tugasnya dalam rangka pembinaan, peningkatan dan pengawasan kinerja ASN dengan mengambil peran sebagai sales perusahaan tersebut.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *