Home / Beritakini / Kasta NTB Dukung HBK Dorong Bangun DAM Mujur

Kasta NTB Dukung HBK Dorong Bangun DAM Mujur

BERITAKINI talentafmnews.com – Kasta NTB mendukung penuh upaya dan ikhtiar kembali pembangunan Dam Mujur Mandalika (DMM) yang didukung sepenuhnya oleh salah seorang legislator NTB di DPR RI Haji Bambang Kristiono atau yang akrab dipanggil HBK.

Presiden Kasta NTB, Lalu Wink Haris pada rabu 12/1/2022 secara tertulis menyampaikan, DMM yang proses perencanaannya sejak tahun 1969 adalah sarana penyedia air yang akan sangat vital bagi berbagai kebutuhan rakyat.

Baik itu untuk pertanian, penyediaan sumber air bersih juga untuk kepentingan lain seperti destinasi wisata air dan menjadi pendukung suplai air bagi warga di lingkar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Upaya Pak HBK untuk memperjuangkan Dam Mujur terutama berkaitan dengan penganggaran ditingkat pemerintah pusat patut kita apresiasi dan dukung penuh, karena bagaimanapun Dam Mujur adalah impian rakyat Lombok tengah yang sudah puluhan tahun mereka harapkan, kita berharap dam Mujur bisa berstatus PSN (proyek strategis nasional) sehingga semua proses menjadi tanggung jawab pemerintah pusat,”terang pria dengan akronim LWH ini.

DMM sesuai dengan design awalnya diproyeksikan seluas 394,44 hektar, dengan kapasitas tampungan total sejumlah 24,93 juta meter kubik air.

Dengan luas area dan tampungan tersebut dam mujur mandalika diproyeksikan dapat mengairi lahan pertanian produktif seluas 6,488 hektar dan itu mencover 11% dari luas area lahan produktif se Lombok tengah yang luas total nya 50.564 hektar.

Rencana pembangunan DMM lanjut LWH, sebenarnya sudah melalui beberapa tahapan sejak tahun 1969 namun masih terkendala masalah sosial di lokasi terdampak sehingga proses LARAP belum dituntaskan, dari total luas area yang 394,44 hektar tersebut sudah 173 hektar dan harapan kami tahapan selanjutnya untuk penyelesaian LARAP bisa berjalan dengan baik dan tuntas.

“Kita juga meminta pemerintah daerah Lombok tengah untuk bisa memberikan keyakinan kepada masyarakat di lokasi terdampak bahwa semua proses atas rencana pembangunan dam mujur mandalika ini dipastikan tidak akan merugikan rakyat, hak hak mereka dilindungi dan dijamin tidak ada yang akan tercederai karena bagaimanapun tujuan pembangunan adalah mewujudkan kesejahteraan bagi semua,”pungkas LWH.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.