Home / Peristiwa / Kasta NTB Dukung Pathul-Nursiah Entaskan Kemiskinan Dimulai Dengan Perbaikan Data

Kasta NTB Dukung Pathul-Nursiah Entaskan Kemiskinan Dimulai Dengan Perbaikan Data

BERITAKINI talentafmnews.com Lombok Tengah – Upaya pemerintahan Bupati Lalu Pathul Bahri S.Ip dan Wakil Bupati Dr.HM.Nursiah S.Sos M.Si untuk memulai menata berbagai program yang berkaitan dengan kemiskinan patut kita dukung.

Demikian disampaikan Presiden Kasta NTB, Lalu Wink Haris pada Kamis 18/3/2021 secara tertulis kepada Radio Talenta Lombok.

Lalu Wink Haris lebih jauh menyampaikan, selama ini ada banyak hal yang harus dibereskan, termasuk yang paling utama adalah menyangkut data masyarakat miskin.

Kisruh penyaluran bantuan tunai tahun kemarin yang pernah terjadi, menyebabkan banyak bantuan tidak tepat sasaran akibat kekacauan data dari OPD terkait.

Klaim penurunan jumlah rakyat miskin di tahun 2020 menjadi 13,44 pun lanjut Lalu Wink Haris patut menjadi pertanyaan. Sebab indikatornya tidak jelas dan secara nasional jumlah masyarakat miskin cenderung bertambah akibat pandemi covid 19 yang sudah berlangsung selama dua tahun berjalan ini.

“Kita menjadi ragu klaim prosentase penurunan jumlah masyarakat miskin tersebut,”kata presiden KASTA NTB Lalu wink haris.

Pihaknya meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Loteng untuk tidak sekedar menerima informasi mentah dari bawahannya yang berpotensi menyuguhkan data-data yang absurd serta meragukan kredibilitasnya.

Langkah Bupati yang menginginkan sinkronisasi program-program yang berkaitan dengan rakyat miskin di semua OPD adalah langkah tepat, karena jika dibiarkan berjalan secara parsial, maka ini berkaitan dengan evaluasi hasil akhirnya.

Sudah bukan saatnya lanjut LWH, akronim pria gondrong ini, para Kepala Dinas memberikan laporan ABS saja kepada Bupati, sebaiknya apapun realitas di lapangan harus sampai ke bupati/Wabup untuk menjadi bagian dari evaluasi ke depannya.

13,44% dari total jumlah penduduk loteng itu bukan angka yang sedikit, sekitar 30.000 an lebih rakyat Loteng masih hidup di bawah garis kemiskinan dan ini harus menjadi concern pemerintahan baru loteng untuk dituntaskan.

“Pada prinsipnya kita mendukung penuh upaya Pemkab Loteng untuk konsen membenahi berbagai persoalan menyangkut upaya penuntasan kemiskinan di Lombok Tengah ini. Karena percuma klaim keberhasilan pembangunan fisik dan Infrastruktur kalau ternyata masih banyak masyarakat kita yang hidupnya tidak layak,”tutup LWH.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.