Home / Beritakini / Kasta NTB Hargai Kejari Loteng Tahan Tersangka Dugaan Korupsi DD Yang Dilaporkanya, Namun…

Kasta NTB Hargai Kejari Loteng Tahan Tersangka Dugaan Korupsi DD Yang Dilaporkanya, Namun…

BERITAKINI talentafmnews.com – Kasta NTB menyambut baik penahanan salah seorang mantan sekdes di Lombok Tengah, yakni mantan Sekdes Desa Peresak Kecamatan Batukliang Lombok Tengah NTB,  atas tuduhan korupsi Dana Desa tahun 2019 oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Lombok Tengah (Loteng).

Temuan Kejari Loteng yang dikuatkan oleh hasil audit inspektorat Kabupaten Lombok Tengah, menemukan kerugian negara sebesar Rp. 200 juta lebih yang tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh oknum sekdes desa peresak periode 2018-2020 tersebut.

“Langkah Kejaksaan untuk memutuskan penahanan tersangka pelaku korupsi Dana Desa tersebut kami hargai, tentu dengan harapan agar kasus-kasus korupsi lainnya yang masuk ke meja aparat penegak hukum juga dituntaskan. Terutama kasus kasus dugaan korupsi yang diduga melibatkan pejabat elit daerah lainnya,” kata Ketua Umum DPP KASTA NTB, Abdul Hamid.

Pihaknya lanjut Abdul Hamid,  berharap agar Kejari Loteng berani menetapkan tersangka pada kasus BLUD RSUD Praya, yang dulu bersamaan waktunya naik ke tingkat penyidikan dengan kasus dugaan korupsi di Desa Peresak tersebut.

Dengan adanya penahanan tersangka dugaan kasus korupsi di desa peresak itu, Kasta NTB berharap agar menjadi pembelajaran kepada desa- desa lain agar berhati-hati dalam penggunaan dan eksekusi program-program yang bersumber dari DD dan ADD.

“kehati hatian itu agar tidak menjadi masalah hukum seperti desa peresak dan desa-desa lainnya yang pernah tersangkut masalah hukum akibat kelalaian dan atau kesengajaan dalam menyalah gunakan wewenang dan jabatan untuk memperkaya diri dengan cara yang salah,” kata Hamid.

Pihaknya menghimbau dan mendorong masyarakat agar tidak ragu untuk melaporkan kepada aparat penegak hukum, jika memang menemukan ada indikasi penyalahgunaan anggaran di semua tingkatan.

KASTA NTB siap memfasilitasi anggota atau kelompok masyarakat yang ingin melaporkan dugaan korupsi di desa-desa.

“Kejahatan korupsi adalah musuh bersama yang harus kita perangi. Jangan pernah kita toleransi perilaku oknum-oknum yang terindikasi korupsi uang rakyat, karena sekecil apapun perbuatan korupsi mereka adalah kejahatan yang telah merampas hak-hak masyarakat banyak,”pungkas Abdul Hamid.

Berita terkait:

https://www.talentafmnews.com/tersangka-dugaan-korupsi-di-peresak-yang-dilaporkan-kasta-ntb-ditahan/

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.