Home / Peristiwa / Kasta NTB Lobar, Dampingi Warga Hearing Terkait Dampak Pembangunan Bendungan Meninting

Kasta NTB Lobar, Dampingi Warga Hearing Terkait Dampak Pembangunan Bendungan Meninting

BERITAKINI talentafmnews.com – Kasta NTB DPD Lombok Barat (Lobar) pada kamis 5/8/2021, dampingi warga hearing terkait dampak pembangunan Bendungan Meninting di Kantor Desa Gegerung Kecamatan Lingsar Lobar NTB.

Dalam acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Gegerung, PPK Bendungan Meninting, Kontraktor (pihak rekanan), BPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Desa Setempat.

LSM Kasta NTB DPD Lobar, dalam persoalan ini sebagai pendamping yang ditunjuk oleh BPD dan masyarakat setempat untuk mendampingi persoalan yang terjadi di masyarakat, agar pihak pengelola proyek Bendungan Meninting segera bertanggung jawab atas persoalan yang terjadi.

Tokoh masyarakat Desa setempat, TgH. Bohri Rahman LC.MA pada hearing tersebut, ungkapkan keluhan tentang air bersih yang menjadi langka semenjak dimulainya pengerjaan bendungan meninting tersebut.

Ia khawatir, kelangkaan air ini dapat mengakibatkan gagal panen pertanian, para petani yang beternak ikan, serta berdampak pada kesehatan masyarakat.

“Kami meminta, pihak PPK membangun sarana prasarana air bersih dan memberikan ganti rugi bagi Petani yang mengalami kerugian,”harap TGH. Bohri Rahman.

Adapun BPD Desa Gegerung, Budi Irawan pada kesempatan tersebut menambahkan,  agar apa yang menjadi tuntutan masyarakat bisa dikabulkan dengan segera.

“Sebab janji untuk merealisasikan tuntutan ini sudah sejak audiensi pertama dan kedua yang dilakukan beberapa bulan lalu, namun sampai hari ini belum direalisasikan,”tandasnya.

Sementara itu,  Ketua LSM Kasta NTB DPD Lobar, Zulfan menegaskan, siap mengawal persoalan tersebut sampai tuntas. Hingga para pihak merealisasikan tuntutan masyarakat.

“Kami akan melakukan tekanan-tekanan yang lebih agar pihak PPK tidak memberikan harapan palsu,”janjinya.

Menanggapi hal tersebut, PPK Proyek Bendungan Meninting, Asgar menegaskan, akan segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

“Kita segera survey lapangan bersama pemerintah desa dan masyarakat untuk melaksanakan pembangunan jaringan perpipaan itu nantinya,”kata Asgar.

Kepala Desa Gegerung, Harun menyampaikan, siap untuk membantu mendampingi para pihak terkait untuk turun ke masyarakat, agar tuntutan masyarakat ini segera direalisasikan.(red)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.