Home / Peristiwa / Kasta NTB Lobar Pertanyakan Progres Kasus Dugaan Skandal Mega Korupsi LCC

Kasta NTB Lobar Pertanyakan Progres Kasus Dugaan Skandal Mega Korupsi LCC

BERITAKINI talentafmnews.com – Sejumlah anggota Kasta NTB lombok Barat (Lobar) pada Kamis 29/8/2019, mendatangi Kejaksaan tinggi NTB pertanyakan progress penanganan kasus dugaan skandal mega korupsi Lombok City Center (LCC) Narmada.

Rombongan Pengurus Kasta NTB dalam agenda audiensi dan klarifikasi itu, diterima oleh Hasan Basri SH. MH, penyidik Kejati yang menangani perkara LCC tersebut dan didampingi sejumlah jaksa lainya.

Hasan Basri pada kesempatan tersebut menyatakan, kasus LCC masih menunggu hasil audit BPKP dan inspektorat Lobar untuk segera bisa menetapkan tersangka pada perkara yang sudah masuk tahap penyidikan tersebut.

“Kami juga membutuhkan bantuan Kasta NTB untuk mendesak BPKP dan Inspektorat agar segera mengeluarkan LHP atas masalah ini supaya segera kami tindak lanjuti. Kami serius menangani kasus ini dan sejauh ini telah memanggil 30 orang saksi,” kata Hasan Basri.

Lebih lanjut Hasan Basri, menjelaskan kalau meng-agunkan aset daerah ke Bank adalah pelanggaran hukum. Adapun nilai kredit PT Bliss sebagai mitra PT Tripat atas agunan berupa lahan pemkab di LCC di Bank Sinarmas sejumlah Rp. 95 milyar rupiah dengan masa kredit 5 tahun dengan jumlah angsuran per bulan sebesar Rp.100 juta rupiah.

Sementara itu, Ketua Kasta NTB Lobar, Alhadi Muis menyesalkan lambannya audit BPKP dan inspektorat Lobar atas perkara tersebut dan berharap agar sesegera mungkin hasil auditnya dikeluarkan.

“Kami akan segera menyurati inspektorat dan BPKP agar jangan ada kesan mengulur waktu atas penyelesaian kasus yang sudah jelas merugikan negara tersebut,”tandasnya.

Alhadi lebih lanjut mengatakan, kasus tersebut  bisa sebabkan aset daerah terancam berpindah tangan akibat kredit macet. Untuk itu hak rakyat harus diselamatkan dari permainan oknum-oknum yang mencari keuntungan sendiri dan kelompok atas nama penyertaan modal yang ternyata menrut Kasta NTB, penuh intrik dan rekayasa.

“Komitmen kami dari KASTA NTB jelas, akan mengawal sampai tuntas korupsi berjamaah pada penyertaan modal pemkab di LCC ini dengan kepastian bahwa siapapun yang terlibat di dalamnya harus diseret ke depan hukum untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,”pungkas Aldy sapaan akrab Ketua Kasta NTB Lobar ini. (adit)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.