Home / Polemik / Kasta NTB Lobar Tak Kendor Gedor Kantor Kejati

Kasta NTB Lobar Tak Kendor Gedor Kantor Kejati

MATARAM (NTB) talentafmnews.com – Lembaga Swadaya Masyarakat Kajian dan Avokasi Sosial Serta Transparansi Anggaran (LSM KASTA NTB DPD)  Lombok Barat (Lobar)  pada Kamis 11/8/2022, tak kendor gedor Kantor Kejaksaan Tinggi Provinsi Nusa Tenggara Barat (Kejati) setempat.

Kedatangan Kasta NTB Lobar ini, guna mempertanyakan progres dan tindak lanjut dari surat laporan Dugaan tindak pidana yang di masukan oleh LSM KASTA NTB DPD Lombok Barat pada 22 Juli 2022 lalu.

Munajap, selaku ketua LSM KASTA NTB DPC Batulayar lebih jauh menyampaikan dalam sesi diskusi,  kedatangan kami dari LSM KASTA NTB DPD LOBAR bersama Aliansi Pemuda dan Masyarakat Batulayar kali ini ingin meminta klarifikasi dan mendengar jawaban dari Pihak Kejati NTB terkait surat pelaporan kami atas adanya dugaan tindak pidana yang terjadi di wilayah Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat.

Lebih lanjut, Jajap (sapaan akrabnya) berharap proses ini tidak lamban, mengingat semua prosedur sudah dijalankan oleh LSM KASTA DPD Lobar, termasuk berkoordinasi dengan semua pihak.
kontruksinya.

“Kami sudah bersurat yang isinya laporan ke DLHK Provinsi NTB. Setelah itu, DLHK bersama dinas terkait terkait, ada ESDM Provinsi, DLHK Lobar dan yang lain turun melakukan verifikasi lapangan. Dan hasilnya sudah jelas, terkait penggunaan batu setempat sebagai material utama dengan teknis pengerukan yang dilakukan oleh Kontraktor Pelaksana ini jelas-jelas bermasalah.” Tegasnya.

Selain itu, Taufik Hidayah juga mempertanyakan keseriusan dan Komitmen pihak Kejati NTB perihal laporan LSM KASTA NTB terkait dugaan tindak pidana yang dilakukan oleh pihak yang bersangkutan tersebut.

“jika memang ini telah diproses, kira-kira sampai informasi selanjutnya kapan? jangan sampai justru nanti pasca pencairan anggaran proyek tersebut!”. tandas Taufik.

Menyikapi akan hal tersebut, Kepala Kejaksaan Tinggi NTB melalui Kasi Penerangan Hukum Efrien Saputra menyampaikan, pihaknya selalu mengatensi setiap laporan, namun tentu perlu dengan SOP yang telah ditentukan. Dan terkait kasus yang dilaporkan oleh KASTA.

Sementara Agung Raka, selaku Kasi Ekonomi dan Keuangan Kejati NTB menambahkan, saat ini sudah di buatkan Telaah Intelejen (TI), untuk langkah selanjutnya kami masih menunggu Petunjuk dan perintah dari Pimpinan kami. Terkait kelengkapan berkas atau bukti, kami rasa ini cukup bagus dan lengkap.

Menimpali Agung Raka, Efrien Saputra Selaku Kasi Penerangan Hukum Kejati NTB juga menyampaikan bahwa proses ini tidak lamban dan akan disegerakan.

“Namun seperti tadi, tentu harus dengan petunjuk dan arahan dari Kepala Kejaksaan Tinggi NTB. untuk info selanjutnya, kami usahakan senin depan atau maksimal 14 Hari, sesuai arahan atasan kami.” Jawab Efrien Saputra.

Menutup diskusi tersebut, Selaku Ketua LSM KASTA NTB DPD LOBAR Zulfan Hadi mengapresiasi langkah Kejati NTB. Menurut dia, kedatanganya hanya mendengar dan ingin mengetahui sejauh mana proses sudah dijalankan.

“Ini agar nantinya bisa kami jelaskan ke publik dan tidak menjadi liar ditengah-tengah Masyarakat. kalau memang seperti itu, kami sangat Apresiasi.” pungkas Zulfan Hadi.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.