Home / Peristiwa / Kasta NTB Turun Ke Lokasi Banjir Dan Berikan Bantuan

Kasta NTB Turun Ke Lokasi Banjir Dan Berikan Bantuan

BERITAKINI talentafmnews.com – Kasta NTB pada minggu 31/1/2021 turun ke lokasi banjir dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.

Ketua Divisi Sosial Kasta NTB, Lalu Damarwulan kepada radio talenta lombok menyampaikan, pihaknya memberikan bantuan ke Desa Kuta dan Mertak Kecamatan Pujut yang dinilainya cukup banyak tertimpa banjir akibat intensitas hujan yang mengguyur pada sabtu malam 30/1/2021.

“Kami Kasta NTB, melalui divisi sosial hari ini turun ke lokasi membawa bantuan berupa mie instan, air minum dan kopi untuk warga terdampak,”katanya.

Lebih lanjut Lalu Damarwulan menyatakan, kehadiran kasta NTB untuk menemui para korban bencana banjir tersebut, sebagai bentuk solidaritas atas musibah yang di alami oleh warga disana.

“Kita tentu berharap musibah ini tidak akan terjadi lagi di masa-masa yang akan datang. Apalagi Kute dan Mertak adalah desa yang masuk wilayah sentra pembangunan Mega proyek nasional bidang Pariwisata di kawasan KEK Mandalika yang harusnya steril dari potensi banjir,”imbuhnya.

Kerusakan lingkungan lanjut Lalu Damarwulan, disinyalir menjadi penyebab utama terjadinya banjir. Salah satunya banyaknya penebangan pohon dan penggundulan hutan dan bukit demi kepentingan pembangunan pariwisata.

“Berubahnya alih fungsi bukit-bukit menjadi lahan pertanian berupa lahan penanaman jagung dan padi yang mengakibatkan peresapan air tidak terjadi dengan baik,”ungkapnya.

Sehingga saat hujan lebat, air meluber ke pemukiman dan jalan. Disamping saluran drainase yang saat ini masih dalam tahap pembangunan oleh pihak ITDC, menyebabkan banyak terjadi penyumbatan yang menghambat aliran air.

“Harapan kita jangan sampai proses pembangunan akan mengirimkan nasib rakyat di pelosok-pelosok kampung akibat rusaknya hutan dan bukit. Cukuplah bencana banjir kali ini menjadi yang terakhir di kawasan ini,”kata lalu Damarwulan menutup rilisnya.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *