Home / Beritakini / Ketua KORMI Loteng: Olahraga dan Permainan Tradisional Daya Tarik Pariwista

Ketua KORMI Loteng: Olahraga dan Permainan Tradisional Daya Tarik Pariwista

BERITAKINI talentafmnews.com.- Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Lombok Tengah (Loteng), Lalu Hizzi menyampaikan, Pelestarian Olahraga dan Permainan Tradisional Sebagai Daya Tarik Pariwista.

Hal itu disampaikan Lalu Hizzi saat menjadi pembicara diacara  Pelatihan Pemandu Wisata Budaya yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Lombok Tengah NTB baru-baru ini di Hotel JM Kuta Lombok.

Ketua KORMI Loteng, Lalu Hizzi pada jumat 27/8/2021 via WA-nya menyampaikan, lebih jauh menyampaikan, bahwa dagangan wisata bukan melulu menjual keelokan panorama alam. kalau itu, semua negara juga mempunyai potensi wisata yang sama.

“Namun soal keragaman permainan, olah raga tradisi budaya, kita sangat kaya, dan itu harus kita tampilkan dan kita suguhkan sebagai pemantik dan daya tarik Wisatawan,”Jelas Lalu Hizzi.

Perkembangan olahraga saat ini dari masa ke masa semakin pesat. Banyak yang memanfaatkan aktifitas olahraga mulai dari melakukan olahraga atau menikmati olahraga.

“Berkembangnya olahraga saat ini, juga harus dimanfaatkan oleh pemerintah di beberapa sektor untuk ikut berkembang, terutama sektor pariwisata,”imbuh Lalu Hizzi.

Pihak pariwisata harus memanfaatkan olahraga dan permainan tradisional untuk berkembang. Karena saat ini perkembangan sport industry dan sport tourism sangat pesat.

Pemerintah daerah melalui dinas pariwisata, dapat ikut mengembangkan dan melestarikan jenis-jenis olahraga tradisional dengan menyelenggarakan event-event bergengsi.

“Sehingga menjadi suatu peluang untuk meningkatkan kunjungan ke daerah kita dimana saat ini Mandalika sebagai gerbang tujuan wisata di NTB,” sambungnya.

Berbagai event bergengsi yang dimaksud tersebut adalah, seperti perlombaan layang hias, sampan nelayan hias, begangsingan, perisaian, gendang beleq, dan banyak lagi olahraga-olahraga dan seni tradisional yang layak ditampilkan dalam event bersekala nasional sebagai daya tarik wisata di Loteng.

“Dengan melibatkan permainan olahraga tradisional tersebut, daerah kita akan mempunyai ciri khas dan adat istiadat yang berbeda, kemudian hal ini akan menjadikan modal dasar pendukung untuk meningkatkan kunjungan,”tambah Lalu Hizzi.

Kreatifitas semua pihak sangat penting untuk mengemas permainan dan olaraga tradisoinal daerah yang
Semenarik mungkin, untuk disuguhkan.

“Hal itu, sekaligus menjadi ajang promosi ke dalam dan luar negeri sehingga dapat menarik perhatian turis domestik atau luar negeri untuk datang ke Lombok Tengah khususnya dan NTB umunya,”tutup Lalu Hizzi. (*)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.