Home / Peristiwa / LSM Kasta NTB Berkunjung Ke Pendopo Gubernur Bahas Pembangunan DAM Mujur

LSM Kasta NTB Berkunjung Ke Pendopo Gubernur Bahas Pembangunan DAM Mujur

BERITAKINI talentafmnews.com – Sejumlah pengurus dan anggota Kasta NTB pada Jumat 11/10/2019 berkunjung ke Pendopo Gubernur NTB. Mereka diterima langsung oleh Gubernur dan membahas beberapa hal menyangkut agenda pembangunan diantaranya kelanjutan rencana pembangunan Dam Mujur di Lombok Tengah.

Ketua Pembina LSM Kasta NTB, Lalu Winks Haris pada kesempatan tersebut sempat menyampaikan pernyataan yang sedikit keras kepada Gubernur. Winks kesal karena dari pandanganya sejauh ini Dam Mujur hanya menjadi komoditi politik saja.

“Kita sudah sangat muak jika isu pembangunan dam mujur ini hanya jadi komoditi politik tiap momentum pemilihan. Kami berharap pemprov serius mendukung dan mengupayakan realisasi pembangunan Dam Mujur, sebagaimana pemprov  bersikap serius terhadap pembangunan beberapa Dam seperti Meninting dan Bintang Bano,”tandasnya.

Lebih jauh Lalu Wink mengatakan, saat ini pembangunan Dam Mujur hampir tanpa progres yang berarti. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya dukungan pemerintah, baik kabupaten maupun provinsi untuk membantu menyelesaikan persoalan sosial di lokasi.

Selain itu, dari segi pendanaan sama sekali tidak ada dari pemprov ,sementara pemerintah pusat sudah sejak lama menunggu penyelesaian persoalan sosial dilokasi terdampak untuk segera menyelesaikan tahapan LARAP yang dulu sempat tertunda.

“Bagaimana menyebut pemda baik di kabupaten loteng maupun pemprov serius mau membangun dam mujur, sementara semua apatis,”imbuh Wink sembari meminta Pak Gubernur untuk turun langsung ke lokasi dan menemui masyarakat.

Sementara itu, Gubernur NTB, DR. Zulkiflimansyah menyambut baik upaya Kasta NTB untuk mengawal proses pembangunan disemua jenjang dan tingkatan.

Gubernur berharap sinergitas akan selalu terbangun antara pemerintah dan masyarakat termasuk LSM. Ia mengapresiasi LSM yang mau peduli pada usulan program yang baik untuk rakyat dan bukan hanya dominan menjalankan fungsi korektifnya saja.

Menyikapi tuntutan Kasta NTB untuk mendukung kelanjutan pembangunan dam mujur, Gubernur merespon dengan menghubungi Kepala dinas PUPR provinsi NTB dan memerintahkan untuk segera membentuk tim kecil dan bekerja mendalami sekaligus membantu penyelesaian persoalan di lokasi.

“Kita ingin bekerja cepat dan tepat serta mendukung penuh upaya kelanjutan pembangunan Dam Mujur. Tidak benar jika pemprov NTB tidak mendukung penuh,”tegas Gubernur.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, Dam mujur diketahui bersama akan sangat penting keberadaannya, baik bagi irigasi masyarakat maupun untuk kepentingan mendukung sektor pembangunan lainnya seperti KEK mandalika dan lain lain.

Menutup kunjungan Kasta NTB itu, Gubernur memerintahkan stafnya untuk menjadwalkan kunjungannya ke lokasi terdampak dalam waktu paling lama dua minggu yang akan datang. (tim)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.