Home / Beritakini / LSM Kasta NTB DPD Lotim : “Resmi mantan Kades Selebung Ketangga dilaporkan”

LSM Kasta NTB DPD Lotim : “Resmi mantan Kades Selebung Ketangga dilaporkan”

BERITAKINI talentafmnews.com.- Kasta NTB DPD Lombok Timur (Lotim) NTB, Senin 20/12/2021, resmi laporkan mantan Kepala Desa (Kades) Selebung Ketangga Kecamatan Keruak.

Ketua Kasta NTB DPD Lotim, Daur Tasalsul SH., MH. Kepada Talentafm menyampaikan, bahwa pada  APBDes Ketangga tahun 2019, terdapat anggaran  sebesar Rp. 1,6 Milyar.

Dimana anggaran tersebut,  pengelolaan atau peruntukanya untuk berbagai bentuk kegiatan yang masing-masing item-nya telah diuraikan dalam poin laporan Kasta NTB tertanggal hari ini.

“Anggaran yang cukup besar tersebut, kami duga kuat tidak dipergunakan dengan sebagaimana mestinya. Sehingga ada indikasi penyalahgunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD),”ungkap Daur Tasalsul yang juga pengacara muda NTB ini.

Menurut Daur, sapaan akrab pria ini, sudah jelas adanya indikasi yang mengarah kepada tindak pidana yang diatur dan diancam dengan Pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

Selain menjabat kepala desa, BW juga merangkap jabatan sebagai Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKD).

Dia (BW-red), diduga mengelola sendiri keseluruhan Dana Desa Selebung Ketangga. Perbuatan itu melanggar Pasal 3 ayat (1),(2) dan (3) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

“BW juga kami duga melakukan tindakan menyimpan dan membayar pendapatan desa tidak sesuai dengan Peraturan Menteri,”imbuh Daur.

Hal itu lanjut Daur, tak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa Pasal 7 ayat (2).

Selain itu, dia juga diduga membuat sendiri Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan Dana Desa Selebung Ketangga TA. 2019 yang tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 113 tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa Pasal 5 ayat (1) dan (2).

“Kami LSM Kasta NTB DPD Lotim, akan mengawal laporan ini sampai tuntas! Dan kami sudah layangkan laporan ini kepada Kejaksaan Negeri Selong dan tembusan kepada Presiden RI, KPK RI, Kejagung RI, dan Kejati NTB,”papar Daur.

“Dan laporan tersebut semoga dijadikan atensi oleh Kepala Kejaksaan Negeri Selong,”pungkas Daur Tasalsul.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.