Home / Beritakini / LSM Lidik Makin Marah!!! Pihak Telkom dan Rekanan Lagi-Lagi Datang Bawa “Tangan Kosong”

LSM Lidik Makin Marah!!! Pihak Telkom dan Rekanan Lagi-Lagi Datang Bawa “Tangan Kosong”

BERITAKINI talentafmnews.com – LSM Lidik NTB, makin marah besar!!! Lagi-lagi pihak Telkom bersama rekananya dalam proyek pemasangan kabel optik ke KEK Mandalika yang diduga bermasalah, hanya bawa “tangan kosong” saat hadiri hearing lanjutan pada kamis 16/6/2022 di DPRD Lombok Tengah.

Ketua Umum (Ketum) LSM Lidik NTB, Sahabudin dalam hearing lanjutan tersebut, kembali menegaskan bahwa sebagai rakyat berhak mengawasi bagaimana anggaran negara dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Untuk mendukung pengawasan tersebut berjalan dengan baik, melalui DPRD Lombok Tengah pihaknya secara resmi, dimana DPRD telah bersurat kepada pihak Telkom Mataram dan rekanan agar datang dengan pejabat yang berkompeten, serta membawa seluruh berkas yang terkait dengan proyek tersebut.

Namun pada faktanya, dalam hearing tersebut Telkom dan rekanan sama sekali tidak mengindahkan surat DPRD Lombok Tengah untuk hadir pada hearing kedua persoalan tersebut untuk membawa dokumen yang diperlukan.

“Ini pihak Telkom sajaa kok tidak tahu berapa anggaran proyekanya (sendiri), kok kami yang lebih tahu,”ujar Sahabudin.

Jangan karena proyek tersebut dikerjakan di pelosok, lalu seenaknya dikerjakan tanpa mematuhi aturan yang ada. Sementara rakyak salah sedikit, bisa langaung diproses hukum.

Sudah beberapa kali LSM Lidik NTB hearing hanya untuk tahu SOP dan SPK dalam mengerjakan proyek yang diduga numpang itu saja, hingga saat ini pihak Telkom belum bisa memberikan.

Andai proyek itu bukan dari uang negara, Lidik NTB tidak akan peduli, namun karena proyek itu menggunakan uang negara, maka berdosa pihaknya membiarkan kejanggalan-kejanggalan yang ada dalam pelaksanaanya.

“Soal keuntungan itu saya tahu sudah ada aturanya, sekian persen. Tetapi bapak-bapak harus bekerja sesuai aturan, SOP dan SPK-nya,”ujar Citung.

Untuk itu agar memperjelas terkait dengan proyek tersebut, Citung sapaan akrab Sahabudin meminta agar ijin rekanan dalam proyek tersebut dibuka dalam hearing termasuk dengan dokumen kontrak dan yang lainya.

Atas apa yang disampaikan LSM Lidik tersebut, pihak Telkom yang dihadiri oleh Pengawan Lapangan Proyek Hendra, pihak rakanan Proyek PT.Tapan Mas , Iwan dan Umam tidak bisa memberikan penjelasan yang memuaskan untuk Lidik NTB.

Maka Ketua Komisi III DPRD Lombok Tengah, Muhalip didampingi anggota Komisi III DPRD Lombok Tengah, Ratmina memberikan saran agar selanjutnya pihak Telkom dan rekanan memberikan seluruh dokument yang diminta Lidik NTB.

“Agar lebih efektif, bagaimana kalau nanti, bila berkasnya sudah lengkap, pihak Telkom mengundang perwakilan Lidik NTB ke kantor Telkom untuk memberikan berkas yang dimaksud,”kata Muhalip.

Atas usulan itu, LIDIK NTB sepakat dengan sayarat pihak Telkom harus bersurat secara resmi kepada Lidik NTB saat mengundang dalam rangka penyerahan berkas yang diminta Lidik NTB tersebut.

 

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.