Home / Peristiwa / Management Talentafm Penuhi Undangan Klarifikasi KPID NTB Soal Isi Siaran

Management Talentafm Penuhi Undangan Klarifikasi KPID NTB Soal Isi Siaran

BERITAKINI talentafmnews.com – Management Radio Komunitas Talentafm, pada Jumat 19/7/2019, hadiri undangan klarifikasi soal dugaan pelanggaran isi siaran yang dilaporkan masyarakat ke KPID NTB yakni berupa dugaan adanya penayangan iklan komersial di radio komunitas Talentafm.

Adapun dari pihak Radio Talentafm yang datang ke Kantor KPID yakni Penanggungjawab Talentafm, Sadimah alias Sading Al Katari didampingi Reporter Talentafm, Adit Al Farabi. Kedatangan Mereka disambut Wakil Ketua KPID dan Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID NTB, Sahdan, S.Pd.

Sahdan dalam klarifikasi itu mengatakan, undangan tersebut karena adanya aduan dari masyarkat terkait beberapa hal soal penyiaran pada radio komunitas. Ada dugaan dalam penyelenggaraan siaran Talentafm diduga melanggar undang-undang yang berlaku.

Setelah mendapatkan penjelasan dari pihak Talentafm dengan membawa sejumlah dokument seperti spot radio berupa daftar ILM Talentafm yang sebelumnya diminta pihak KPID, maka Kepala Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID menyatakan ada 1 ILM yang terindikasi sebagai Iklan Komersil.

“Atas spot radio yang satu ini agar segera diberhentikan memutarnya. Kami melarang ini karena terindikasi sebagai iklan komersil,”tandasnya.

Untuk ILM Talentafm seperti ILM BLK dan ILM-ILM lainya, Pak Sahdan yang juga pernah bekerja sebagai wartawan Lombok TV ini menyatakan, salut. ILM BLK tersebut tetap boleh diputar, mengingat pesan yang disampaikan sangat baik.

Pada kesempatan itu, Sahdan meminta kepada Talentafm untuk memperbanyak ILM tentang larangan merokok ditempat umum yang sudah diputar Talentafm. Berikutnya, meminta untuk menambahnya dengan membuat ILM tentang bahaya narkoba, larangan buang sampah sembarangan dan lainya.

Adapun Sading Al Katari pada kesempatan tersebut menyatakan, akan menyetop pemutaran spot radio yang terindikasi komersil tersebut. Bahwasanya, tidak ada rupiah yang didapat dalam pemutaran spot itu karena hanya berupa kerjasama semata.

Sementara itu, Sekretaris Perkumpulan Radio Komunitas Talentafm, H.Ibnu Katsir ditemui secara terpisah, menyampaikan terimakasih atas undangan klarifikasi KPID tersebut.

Begitu juga dengan warga masyarakat yang telah menyampaikan aduan kepada KPID tentang Radio Talenta. Menurutnya, itu sebagai bentuk perhatian dan rasa sayang KPID dan masyarakat atas existensi radio komunitas yang satu-satunya di Lombok Tengah tersebut.

“Namun kedepan kami berharap, aduan-aduan semacam itu disampaikan dulu kepada kami agar kami langsung membenahinya. Apalagi kalau yang mengadu adalah sesama anggota radio komunitas sendiri,”harapnya.

Management Radio Talenta, terbuka untuk siapa saja atas saran dan kritik. Baik itu dari konten siaranya, perilaku kru atau juga penyiarnya dan yang lainya. Terlebih lagi soal teknis yang sangat rentan, maka akan menjadi prioritas untuk ditindak lanjuti.

“Kita akan terus berbenah, meningkatkan kwalitas isi siaran walau dengan SDM yang terbatas. Sejatinya radio ini ada untuk anggota komunitas, namun kalau masyarakat yang bukan anggota komunitas mau mendengar, saya rasa sah-sah saja. Walau hanya radio kecil dan serba terbatas, bila siaranya berkwalitas insyaallah semua akan bertanya bila ia tak mengudara,”pungkasnya. (Adit)

About Redaksi

One comment

  1. Hungriness note an intriguing value pass on in relocate of victory. talentafmnews.com
    http://bit.ly/2NNGtoG

Leave a Reply

Your email address will not be published.