Home / Peristiwa / Mandalika Fashion Carnival Dibuka Dengan Tabuh Agung Gendang Beleq

Mandalika Fashion Carnival Dibuka Dengan Tabuh Agung Gendang Beleq

BERITAKINI talentafmnews.com – Mandalika Fashion Carnival pada kamis 13/2/2020 dibuka dengan tabuh Agung Gendang Beleq oleh Ketua Gregasnada NTB, Wakil Bupati Lombok Tengah dan sejumlah tamu undangan lainya.

Gelaran yang dipusatkan di simpang 4 hotel aerotel praya tersebut, dilanjutkan dengan drama teatrikal putri mandalika yang diperebutkan 3 pangeran dan memilih menceburkan diri ke laut.

Putri mandalika memilih menceburkan diri ke laut, demi menjaga agar tidak terjadi pertumpahan darah antar pangeran yang memperebutkan dirinya. Dan Nyale adalah jelmaanya yang setiap tahun hadir di pantai laut selatan sebagai pengganti dirinya untuk masyarakat.

semetara itu, dalam sambutanya pada Carnval bertema mandalika solah soleh soloh tersebut, Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Seftyawati Zulkifliemansyah mengatakan, memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara tersebut.

“Kegiatan ini sarana epresikan dan optimalisasikan budaya lokal yang setiap tahun dijadikan sebagaj suguhan yang menarik sehingga memghidupkan industri kreatif dan motivasi peningkatan pariwisata,”katanya.

Hj.Niken berpesan agar seluruh masyarakat tetap menjaga kebersihan dan kelestarian sekitar lokasi kegiatan agar lingkungan tetap sehat dan keindahan tetap terjaga.

Wakil Bupati Lombok Tengah, HL.Pathul Bahri,S.Ip dalam sambutanya mengatakan, Bau Nyale sudah ada sejak ia masih duduk di sekolah dasar. Dan terus ada hingga sekarang. Dan sekarang telah menjadi satu diantara 10 event terbaik di Indonesia.

“Dan Mandalika Fashion Carnival ini adalah salah satu dari sekian rangkaian yang telah digelar sejak 8 Februari 2020 lalu,”jelasnya.

Saat ini, Bau Nyale yang dikemas menjadi Festival Pesona Bau Nyale, pelaksanaanya dikakukan secara sinergi antara pemerintah Lombok Tengah, Provinsi NTB dan Pusat.

“Dua belas kecamatan ikut dalam fashion carnival ini dan semoga sinergi ini terus bisa kita lakukan sehingga semua kegiatan akan terlaksana dengan baik dan apa yang menjadi tujuan utama yakni Lombok Tengah beriman sejahtera dan bermutu alias bersatu bisa tercapai. Begitu juga agar NTB Gemilang bisa diraih,”ucap Wakil bupati. (adit)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.