Home / Beritakini / Merasa Diperas Pemdes Pengembur, Suplier Proyek Bypass BIL- Mandalika Ngadu Ke Kasta NTB

Merasa Diperas Pemdes Pengembur, Suplier Proyek Bypass BIL- Mandalika Ngadu Ke Kasta NTB

BERITAKINI talentafmnews.com Lombok Tengah – Merasa diperas oleh oknum di Pemerintah Desa (Pemdes) Pengembur Kecamatan Pujut Lombok Tengah, puluhan Suplier ngadu ke Kasta NTB.

Ketua Kasta NTB DPD Lombok Tengah, Lalu Arik Rahman Hakim secara tertulis kepada Radio Talentafm, Sabtu 13/3/2021 menyampaikan, dalam aduanya suplier galian c untuk pembangunan jalan Bypass BIL – Mandalika itu, oknum di Pemdes Pembur dirasakan sangat tinggi dalam menarik retribusi terhadap galian c yang ada di desa tersebut.

Dugaan pemerasan yang juga berbau pungli itu, dilakukan dengan dalih untuk memperbaiki jalan akses ke galian c yang sehari-hari dilewati oleh truk para suplier untuk mengangkut material galian c tersebut.

“Pemdes pengembur telah memungut uang yang disebutnya sebagai retribusi, katanya untuk memperbaiki akses jalan kepada suplier yang membeli material galian c ke desa pengembur Rp.5000 per DT,”ungkapnya.

Sesuai laporan para Suplier ke pihaknya, bila tidak mau mengeluarkan uang yang disebutnya retribusi itu, Pemdes Pengembur mengancam akan menutup paksa lokasi pengambilan material URPIL tersebut sehingga suplier tidak bisa mencari nafkah disana.

“Mau tidak mau para suplier dengan berat hati bersedia membayar namun memohon keringan agar pembayaran dilakukan sesuai dengan ritasi yang sudah asa sebesar Rp.10 Juta,”jelas Lalu Arik.

Akan tetapi seolah tanpa nurani, Pemdes Pengembur tidak puas dengan hal tersebut dan mengharuskan suplier mengeluarkan Rp.17,5 Juta dan lagi-lagi mengancam lokasi galian c akan ditutup bila suplier tak mau membayar senilai yang diinginkan oleh Pemdes.

“Ancaman itu terbukti dengan beberapa kali surat ke kepolisian untuk demo Suplier,”ungkap Lalu Arik.

Lalu Arik Rahman Hakim menambahkan, informasi yang didapatnya, pungutan itu dilakukan oleh Pemdes Pengembur atas dasar Peraturan Desa (Perdes) yang telah diterbitkan.

“Tetapi Perdes yang dimaksud belum bisa ditunjukkan, jadi bisa saja itu Pungli,”tandas Lalu Arik.

Terkait dengan laporan suplier tersebut, Kasta NTB akan melakukan advokasi karena dari hasil investigasi disimpulkan patut diduga masuk dalam unsur-unsur pungli.

“Untuk itu dalam waktu dekat pihak Suplier dan Kasta NTB akan melakukan pelaporan dengan dugaan pungli tersebut,”tutup Lalu Arik.

Sementara itu, Kades Pengembur Sultan saat diminta konfirmasinya terkait dengan hal tersebut via WA nya, hingga berita ini diturunkan tidak memberikan tanggapan.

About Redaksi

Check Also

Jangan Percaya! Siapa Saja Yang Ngaku Bisa Bebaskan Tersangka Dari Jerat Hukum

BERITAKINI talentafmnews.com – Jangan percaya siapa saja yang ngaku bisa bebaskan tersangka  dari jerat hukum, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.