Home / Peristiwa / Mulainya Krisis Air, Kasta NTB Ingatkan Pemkab Cari Solusi Fundamental

Mulainya Krisis Air, Kasta NTB Ingatkan Pemkab Cari Solusi Fundamental

BERITAKINI talentafmnews.com, LOMBOK TENGAH – Menyikapi mulai terasanya krisis air untuk kebutuhan irigasi pertanian dan kebutuhan sehari-hari di Lombok Tengah, utamanya di wilayah bagian selatan jelang musim kemarau setiap tahunnya, Kasta NTB kembali mengingatkan pemkab setempat untuk mencari solusi yang fundamental untuk mengatasinya.

Presiden Kasta NTB, Lalu Wink Haris pada Selasa 21/7/2020 secara tertulis kepada radio talentafm mengatakan, selama ini persoalan krisis air seperti persoalan yang sengaja dipelihara, tanpa ada upaya maksimal dari Pemkab untuk langkah-langkah penanggulangannya.

“Sebagai sebuah persoalan yang muncul akibat dari faktor alamiah secara geografis atas munculnya kekeringan setiap tahun ini,  maka dibutuhkan solusi yang dapat dipastikan menjawab dan menjamin ketersediaan air sepanjang tahun dan itu hanya bisa dilakukan dengan direalisasikannya pembangunan dam mujur,” tambah Lalu Wink.

Pemkab dan DPRD Lombok Tengah, lanjut Lalu Wink harus mulai serius menjalankan tahapan-tahapan menuju direalisasikanya pembangunan dam impian rakyat Lombok Tengah tersebut.

“Apalagi saat ini program sertifikasi design dam mujur dari kementrian PUPR sedang berjalan, maka itu harus disukseskan untuk memuluskan langkah dan tahapan selanjutnya. Kita tentu tidak menginginkan dam mujur ini seolah menjadi isu politis jelang semua jenis pemilihan, sebab ini menyangkut kebutuhan dasar rakyat yang tidak boleh ada politisasi,”jelasnya.

Kasta NTB mengapresiasi langkah-langkah persuasif komunikatif yang sudah dilakukan oleh pemkab Lombok Tengah melalui kepala dinas PUPR yang telah memanggil semua pihak, baik yang pro maupun yang kontra atas rencana pembangunan dam mujur untuk didengarkan suara dan keinginan mereka.

“Apapun langkah yang dilakukan, selama itu mengarah kepada mempermudah realisasi pembangunan dam mujur tentu kami akan dukung,”tandas Lalu Wink.

Lalu Wink lebih jauh menjelaskan, Dam Mujur yang luasan area genangannya mencapai 360 hektar lebih, jika terwujud diproyeksi akan mampu memberi jaminan ketersediaan air irigasi untuk lebih dari 5.885 hektar lahan kering di wilayah selatan Lombok Tengah.

“Hal itu termasuk jaminan ketersediaan suplai air bersih untuk kebutuhan sehari hari masyarakat. Sebab Dam Mujur, bisa menjadi salah satu sumber pengolahan air bersih PDAM Lombok Tengah,”tutupnya.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.