Home / Beritakini / Pada Ketua Baru, Bupati Berharap Pramuka Punya Sekretariat Sendiri

Pada Ketua Baru, Bupati Berharap Pramuka Punya Sekretariat Sendiri

BERITAKINI talentafmnews.com Lombok Tengah – Siapapun yang menjadi Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lombok Tengah (Loteng) berikutnya, Bupati berharap Pramuka punya Kantor Sekretariat sendiri.

Harapan itu, disampaikan Bupati Lombok Tengah, HL.Pathul Bahri S.Ip dalam sambutanya saat membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka, Sabtu 22/5/2021 di Ball Room Lantai 5 Kantor Bupati setempat.

Sekian tahun keberadaan Pramuka Nasioanal, dimana saat ini sudah mencapai 59 tahun lanjut Bupati, maka itu merupakan usia yang sangat senja. Sehingga sudah sepantasnya Pramuka di Lombok Tengah memiliki Kantor Sekretariat sendiri.

“Nah sebagai ancang-ancang, bekas Kantor Dinas Sosial yang letaknya diutara Pendopo itu, tampaknya bisa dipakai. Dan nanti, ketua baru bagaimana caranya agar itu dihibahkan,”harap Bupati.

Lebih lanjut Bupati,  Gerakan Pramuka adalah merupakan suatu organisasi pendidikan. Oleh sebab itu, nama organisasi ini adalah Gerakan Pendidikan Kepanduan Praja Muda. Karena merupakan suatu organisasi pendidikan non formal untuk melengkapi pendidikan informal di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Untuk itu Bupati berharap para remaja, pelajar dapat mencintai gerakan pramuka dan menjadi kader pramuka yang bermartabat serta bermanfaat bagi agama dan bangsa.

Lebih jauh Bupati,  berharap musyawarah Cabang  tidak sekedar untuk memilih ketua dan kepengurusan saja, namun juga hendaknya menjadi momentum untuk membangun semangat kebersamaan dan kekompakan sehingga nantinya dapat menyusun rumusan, rekomendasi dan ide-ide baru demi kemajuan organisasi.

“Musyawarah cabang ini, menjadi bagian penting dalam mendukung proses dan percepatan pelaksanaan dan keberhasilan program pembangunan di Kabupaten Lombok Tengah. Karena kita sadar bahwa membangun daerah tidak bisa sendiri- sendiri melainkan harus dibangun oleh semangat kebersamaan semua pihak, termasuk gerakan pramuka,”papar Bupati.

Selain itu, dari berbagai refrensi Bupati mengungkapkan kalau Pramuka tidak hanya tempat belajar baris berbaris, namun bagaimana menjadi wadah untuk meningkatkan SDM.

“Seperti harapan Kak Tuan Suhaili (mantan Bupati Loteng-red), bagaimana kalau sekian hektar lahan disekitar Bumi Perkemahan di Desa Lantan itu, bisa dikelola sebagai tempat belajar pertanian bersama warga setsmpat,”ungkapnya.

Untuk diketahui, Miscab tersebut digelar untuk memilih Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lombok Tengah periode berikutnya, yang masa jabatanya habis pada akhir tahun 2020 lalu.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.