Home / Peristiwa / Pasar Renteng Akan Jadi Bangunan Hijau Dan Pasar Termegah Pertama Di NTB

Pasar Renteng Akan Jadi Bangunan Hijau Dan Pasar Termegah Pertama Di NTB

BERITAKINI talentafmnews.com – Pasar Renteng Praya, akan menjadi pasar termegah dan menjadi Green Building pertama di NTB. Demikian disampaikan, Kadis Perkim Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya,ST, selasa 13/8/2019 di ruang kerjanya.

Grand Design Pasar Renteng Praya (pic by Perkim Loteng)

Proses awal pembangunan pasar renteng secara administarsi memang terbilang cukup lama. Karena akan dijadikan sebagai pasar dengan konsep sebagai gedung hijau pertama di NTB.

“Sebagai gedung hijau maksudnya, sudah diperhitungkan bagaimana sumber energinya, bagaimana kenyamananya, pencahayaanya, bagimana material konstruksinya dan lainya,”jelasnya.

Saat ini perencanaan dan design bangunan pasar renteng itu telah memenuhi kriteria sebagai bangunan BGH atau Bangunan Gedung Hijau.

Bila proses tender pembangunan pasar renteng itu selesai pada akhir agustus 2019 ini, maka pembangunan secara fisik akan dimulai pada sekitar Oktober 2019 dengan anggaran sebesar Rp. 150 miliar yang bersumber dari APBN.

“Pasar Renteng ini dirancang 2 lantai dengan luas 24 ribu meter persegi dan akan ditempati oleh 1719 orang pedagang. Nanti para pedagangnya semuanya disediakan meja dan kursi, tidak ada lagi yang duduk lesehan,”tutup Pak Firman, sapaan akrab Kadis Perkim ini. (ding)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.