Home / Beritakini / Pemkab KLU Sambut Baik Rencana Kegiatan Zero Waste Dutling NTB di Gili Trawangan

Pemkab KLU Sambut Baik Rencana Kegiatan Zero Waste Dutling NTB di Gili Trawangan

BERITAKINI talentafmnews.com. – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Utara (KLU) menyambut baik kegiatan zero waste yang akan digelar oleh Yayasan Duta Lingkungan (Dutling NTB) di Gili Trawangan.

Hal itu diungkapkan langsung Bupati KLU, H. Djohan Sjamsu, SH pada kamis 19/5/2022, saat menerima audiensi Dutling NTB di ruang kerjanya.

H.Djohan Sjamsu lebih jauh mengtakan, sangat mendukung rencana Dutling NTB tersebut dan menyampaikan rasa terimakasihnya atas keihklasan perhatian Duta Lingkungan NTB.

Sebagai bentuk dukungan, Bupati 2 periode ini akan memerintahkan Kadis LH dan Kadishub untuk menyiapkan apa yang menjadi kebutuhan peserta termasuk juga kapal penyeberangan ke Gili.

“Saya sendiri sudah mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa sampah di Gili Trawangan menumpuk dimana-mana. Dan sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Duta saat melakukan survei lokasi,”kata Bupati.

Bupati mengakui kondisi Gili Trawangan memang sedikit terpuruk akibat pandemi, Covid 19, makanya sekarang mulai dibangkitkan, hanya saja penumpukan sampah dimana-mana akibat kurang kesadaran masyarakat.

Sebelum kegiatan berlangsung, silahkan dikomunikasikan dulu dengan DLH dan Dishub. Masalah pertemuannya, nanti saya sampaikan melalui ajudan,” katanya.

“Masalah transportasi menuju Gili Trawangan, itu nanti jadi urusan Dishub,” sambungnya.

Ditempat yang sama, Pendiri Yayasan Dutling NTB, Lalu Amrillah menyampaikan, bakti sosial di Gili Trawangan ini merupakan kegiatan yang pertama kali. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Dutling NTB atas kondisi sampah di wilayah tersebut.

“Kegiatan ini memang sudah menjadi tugas kita bersama. Ini juga bagian dari upaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang dampak buruk terhadap kehidupan dan kesehatan, serta pentingnya menjaga lingkungan sekitar,” ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan yang rencananya akan digelar pada 27 hingga 29 mei 2022 ini terselenggara berkat kerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Unram dan beberapa lembaga pecinta alam dan lingkungan lainnya.

Sementara itu, Dutling NTB 2022, Elfa Septiana pada kesempatan tersebut berharap dengan adanya aksi sosial semacam ini, bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat dan wisatawan yang datang berkunjung.

“Sebelumnya kami sudah turun melakukan survey di lokasi kegiatan. Kami temukan tumpukan sampah dimana-mana,”ungkap gadis manis nan cantik asal Masbagik Lombok Timur ini.

 

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.