Home / Peristiwa / Perkim Bakal Tata Kawasan Wisata Selong Belanak

Perkim Bakal Tata Kawasan Wisata Selong Belanak

BERITAKINI talentafmnews.com – Kawasan destynasi wisata Selong Belanak Kecamatan Praya Barat, bakal ditata. Demikian disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Perkim Lombok Tengah, L.Firman Wijaya,ST pada senin 9/9/2019 di kantornya dalam sebuah liputan khusus sejumlah media.

L.Firman Wijaya lebih lanjut mengatakan, wisata Selong Belanak adalah destynasi pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang perlu ditata, sehingga mampu menunjang keindahan KEK itu sendiri.

Untuk itu, pihaknya sebagai leading sektor yang bertugas melakukan penataan, akan mempercepat penataan kawasan wisata di Selong Belanak tersebut.

Namun hal itu ungkap Kadis, tidak mudah dilakukan karena kawasan selong belanak ini memiliki hal yang kompleks karena di pegang oleh perusahaan dan perorangan,  sehingga perlu campur tangan pemerintah dalam prosesnya.

“Selong belanak perlu ditata karena berbeda dengan KEK yang mudah ditata karena menjadi tanggung jawab ITDC.  Kawasan selong belanak di kuasai perusahaan dan perorangan,”jelas Firman Wijaya.

Pada bulan juli lalu lanjut Kadis, pihaknya sudah memanggil semua perusahaan dan perorangan pemegang HGU, HGP, dan Hak Milik kawasan selong belanak untuk mendiskusikan langkah penataan kawasan tersebut.

“Hasil pertemuan dengan seluruh perusahaan dan perorangan menghasilkan kesepakatan bahwa perkim yg menyediakan infrastruktur (PSU) sedangkan perusahaan menyediakan lahannya.” ungkapnya.

Dari kesepakatan yang telah terjalin, maka Perkim telah membentuk kelompok kerja (pokja) melalui bidang pertanahan untuk segera menyusun detail rencana penataan ruang di kawasan selong belanak.

“Kami telah membentuk pokja untuk mengeksekusi detail rencana penataan ruang dan konsulidasi lahan disana.” terangnya L.Firman Wijaya. (Adit)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.