Home / Peristiwa / Pertama di Indonesia, Kejuaraan Binaraga Kelas Dunia Digelar di Lombok

Pertama di Indonesia, Kejuaraan Binaraga Kelas Dunia Digelar di Lombok

TALENTAFMNEWS.COM – Pertama kali di Indonesia, sebuah kejuaraan binaraga kelas dunia, digelar di Indonesia. Gelaran itu, tepatnya di The Mandalika Desa Kuta Kecamatan Pujut Lombok Tengah NTB.

Kejuaraan “2022 World Fitness Federation (WFF) World Indonesia Batle of Titans Malysia Champion Ships Pro Qualifie” ini diikuti oleh peserta dari 4 negara di dunia.

Puluhan binaragawan dan binaragawati asal Indonesia dan bahkan NTB turut serta mewarnai lomba bergengsi yang digelar spektakuler di Ballromm Raja Kuta Hotel Lombok tersebut.

Ketua Panitia, Kemalsyah kepada sejumlah wartawan di lokasi acara menyanpaikan,  ditengah kepadatan pekerjaan dan kesibukan, masyarakat seringkali melupakan pentingnya olahraga dan refreshing. Padahal dua hal tersebut begitu vital bagi kesehatan mental dan pikiran.

“Dari sinilah kemudian muncul cabang olahraga yang menarik untuk dijajal lebih lanjut, yaitu olahraga rekreasi yang kemudian oleh Undang-Undang Keolahragaan dinyatakan sebagai olahraga masyarakat,”jelas Kemal sapaan akrabnya.

Berangkat dari hal tersebut, maka kejuaraan ini digelar pada hari ini, 19 hingga 20 Nopember 2022 dengan  dengan tajuk World Muscle Tour & Sport Festival dan site event.

Acara ini digelar untuk memperkenalkan kepada Indonesia maupun dunia tentang olahraga masyarakat demi mensosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan dengan menjajal beragam jenis cabang olahraga masyarakat. Misalnya saja ULD (Universal Line Dance), Break Dance, Senam Pernapasan, BMX, Body Building, dan lain sebagainya.

Tak main-main, World Muscle Tour & Sport Festival akan digelar di salah satu daerah paling ikonik di Nusantara, yaitu Mandalika. Setelah sukses dipilih sebagai venue penyelenggaraan Moto GP pada bulan Maret lalu, kini menuju akhir tahun 2022, Mandalika kembali dipilih untuk

penyelenggaraan kompetisi tingkat dunia yakni World Muscle Tour & Sport Festival. Bukan tanpa sebab, daerah yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut memang memiliki beragam aspek utama pendukung kesuksesan sebuah event internasional.

“Di antaranya, akses yang mudah, deretan pantai yang indah dengan didukung tradisi lokal yang masih terjaga dengan apik, serta sangat tepat untuk menjadi tujuan wisata olahraga masyarakat dari seluruh penjuru dunia,”terang Kemal.

World Muscle Tour & Sport Festival diprediksi akan menjadi magnet bagi lebih dari 5000 peserta dari beragam usia. Tiap harinya, event bertaraf internasional ini akan diisi berbagai rangkaian acara menarik seperti WFF World Championships dengan beragam kompetisi seperti Binaraga Amatir, Binaraga Pro, Model Fitness, dan Model Glamour. Tak ketinggalan, ada juga Olahraga Masyarakat seperti Senam PORPRI, BMX Freestyle Competition, Line Dance Performance, Breaking Competition, hingga Festival Layang-Layang.

Guna makin menyemarakkan acara, telah disiapkan rangkaian festival menarik, seperti Parade Atlit, Penampilan Budaya, Talkshow, hingga parade UMKM Market. Makin sayang untuk dilewatkan karena World Muscle Tour & Sport Festival pun dijamin semakin meriah berkat DJ Performance dan Live Music Performance dari deretan musisi ternama tanah air.

Selain itu, event ini juga akan diramaikan organisasi ternama dari berbagai jenis olahraga. Di antaranya PERBAFI (Persatuan Binaraga & Fisik Indonesia), PORPI (Persatuan Olahraga Pernapasan), ABI (Asosiasi BMX Indonesia), d’ULD (The Universal Line Dance), FBSI (Asosiasi Breaking Seluruh Indonesia), dan PELANGI (perkumpulan Pelayang Seluruh Indonesia).

“Penyelenggaraan World Muscle Tour & Sport Festival pada 19-20 November 2022 di Mandalika, Lombok ini tentunya diharapkan dapat menjelma menjadi tonggak bersejarah bagi olahraga masyarakat di Indonesia,”tutup Kemal.

Sementara itu, seorang peserta Binaragawati asal Sorong Papua Barat Indonesia, Melly  secara terpisah dilokasi acara menyatakan, bangga mengukuti kejuaraan pertama kelas dunia di Indonesia tersebut.

“Kami bangga mewakili Indonesia, doakan dan berikan dukungan agar bisa jadi juara,”katanya.

Melly sendiri baru sekitar 5 tahun menekuni dunia binaragawati tersebut dengan mengikuti jejak suami yang juga hobi olahraga binaraga.

Saat ditanya pendapatnya tentang Lombok, Melly memgatakan terbaik dan sangat indah. Menurutnya, Mandalika lokasi pilihan panitia yang sangat tepat untuk menggelar acara bergengsi tersebut.

Adapun salah satu binaragawan asal NTB, Andi Satriawan satu-satunya binaragawan asal NTB yang ikut dalam kejuaraan dunia tersebut, berharap bisa menjadi juara.

“Semoga bisa jadi juara, kita ikut ini atas inisitaif personal dan didukung oleh sejumlah sponsor diantaranya Depo Bangunan. Kedepan semoga ada dukungan pemerintah,”imbuh Andi Satriawan.

Untuk diketahui, berbagai site event digelar untuk memeriahkan kejuaraan tersebut. Dan grand final kejuaaran ini akan berlangsung pada minggu malam, 20/11/2022 di Raja Kuta Hotel The Mandalika.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *