Home / Beritakini / Petani selalu Rugi, Pupuk Mahal dan Langka, Harga Gabah Terjun bebas

Petani selalu Rugi, Pupuk Mahal dan Langka, Harga Gabah Terjun bebas

BERITAKINI talentafmnews.com – Petani selalu rugi, pupuk mahal dan langka, harga gabah terjun bebas, begini pandangan salah seorang aktivis sekaligus pengacara muda di NTB, M.Apriadi Abdi Negara,SH , kamis 26/5/2022 kepada Talenta FM dalam rilisnya.

Petani lanjut Abdi, sapaan akrab pria gondrong ini, selalu dirugikan oleh sistem yang dimana, saat masa tanam padi pupuk subsidi langka dan pupuk non subsidi harga terbang tinggi.

Dan setelah masa panen, harga bulir padi atau gabah terjun bebas. Ini tandas Abdi, harus menjadi atensi pemerintah daerah atas sistem monopoli harga baik pupuk maupun gabah ditengah situasi sistem ekonomi kapitalis.

Disisi lain aparat penegak hukum penting untuk melakukan penyelidikan terhadap sistem penyaluran pupuk bersubsidi mulai dari distributor, ke pengecer dan selanjutnya ke penerima ditingkat bawah yaitu petani.

“Karena setiap musim dan secara terus menerus petani selalu dirugikan oleh sistem pasar gabah yang tidak di akomodir oleh Bulog yang sehingga menjadi peluang bagi pemilik modal yaitu pengeful dan tengkulak yang mempermainkan harga gabah,”papar Abdi.

Dalam waktu dekat, pihaknya lanjut Abdi akan turunkan kawan-kawan untuk melakukan investigasi terhadap 3 distributor pupuk bersubsidi di Lombok Tengah.

“Hasil investigasi ini nanti sebagai bahan-bahan pelaporan ke aparat penegak hukum agar melakukan penyelidikan terhadap sistem penyaluran pupuk bersubsidi di Lombok Tengah, karena distributor semakin kaya, namun petani selalu menjerit,”pungkas Abdi.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.