Home / Beritakini / Pleno Kecamatan Jonggat Aman, PPK Hanya Kelelahan

Pleno Kecamatan Jonggat Aman, PPK Hanya Kelelahan

BERITAKINI Talentafmnews.com – Pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu dan Pilpres 2019 tingkat Kecamatan Jonggat Lombok Tengah NTB, hingga Rabu 1/5/2019 masih terus berlangsung. Sejauh ini pelaksanaan pleno yang dilaksanakan di Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jonggat tersebut berlangsung aman dan tertib

Reporter Talentafm, Bambang Sukarno melaporkan, suasana rapat pleno tersebut tampak tenang dan tanpa kendala. Antara PPK dan saksi parpol terus bekerjasama dengan baik untuk sukseskan rapat pleno terbuka tersebut.

Ketua PPK Jonggat, Abdillah menyampaikan, berusaha untuk mempercepat proses penghitungan.  Dimana kecamatan Jonggat terdiri dari 13 Desa dengan  341 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Untuk mewujudkan percepatan pleno itu, panitia mensiasati dengan membagi tiga panel penghitungan yang setiap panelnya di mulai dengan urutan  sebagai berikut:

  • 1. Rekapitulasi Penghitungan Suara Presiden

  • 2. Rekapitulasi Penghitungan Suara DPR-RI

    3. Rekapitulasi Penghitungan Suara DPD

    4. Rekapitulasi Penghitungan DPRD Provinsi

    5. Rekapitulasi Penghitungan Suara DPRD Kabupaten/Kota

Tahapan tersebut jelas Abdillah,  dilakukan sesuai aturan dan pihaknya telah memulai pleno tanggal 19 April 2019 lalu dengan melakukan Pra Pleno. Kemudian Pleno dimulai tanggal 20 April 2019 bertempat di Sekretariat PPK Kec.Jonggat .

“PPS (Panitia Pemungutan Suara-red) Desa Bonjeruk sebagai Desa pertama yang membacakan hasil rekapitulasinya, kemudian disusul desa lain yang seharusnya selesai hingga batas waktu tanggal 28 April 2019,”imbuhnya.

Tetapi karena  situasi dan kondisi ungkap Abdil, diperpanjang hingga tanggal 4 mei 2019. Hal itu sesuai ketentuan KPU.  Adapun beberapa permasalahan kecil yang timbul pada beberapa desa, hanya kesalahan penulisan di C1 saksi yang diluruskan dengan membuka C1 Plano hingga semuanya dapat diselesaikan dengan cepat.

“Intinya transfaransi adalah kunci segalanya,” tandas Ketua PPK yang sangat ramah dan murah senyum ini.

Rekan-rekan PPK sejauh ini ungkap Abdillah, hanya terkendala fisik karena kelelahan. Seperti diketahui bersama, rapat pleno kecamatan memiliki waktu yang singkat dengan pekerjaan yang padat.

“Tetapi semangat untuk menyelesaikan tugas negara dan tanggung jawab ini tidak putus,”ungkapnya sambil sumbringah.

Untuk diketahui, saat ini sedang berlangsung pleno rekapitulasi kecamatan untuk desa Ubung, Labulia dan Sukarara. Adapaun desa-desa dikecamatan jonggat yang sudah menyampaikan hasil rekapnya ditingkat kecamatan jonggat antara lain, Bonjeruk, Gemel, Perina, Barejulat, Bunkate,  Pengenjek, Nyerot, Batutulis dan Jelantik. (bams)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.