Home / Beritakini / Ratusan Massa Kasta NTB, Nyaris Bakar Kantor Bank NTB Syariah

Ratusan Massa Kasta NTB, Nyaris Bakar Kantor Bank NTB Syariah

BERITAKINI talentafmnews.com – Ratusan massa LSM Kasta NTB, nyaris membakar Kantor Bank NTB Syariah. Hal itu terjadi pada kamis 30/9/2021 saat Kasta NTB melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Bank milik warga NTB tersebut.

Emosi massa, tersulut karena Direktur Bank NTB Syariah, H.Kukuh Rahardjo tidak juga mau menemui massa untuk berdialog terbuka dengan cara disiarkan langsung oleh Panspage Facebook salah satu media online  di NTB tersebut.

Sebagai bentuk kekecewaanya, massa Kasta NTB inipun melakukan aksi bakar ban di depan pintu gerbang Bank yang ditutup dan dijaga ketat oleh polisi tersebut. Api dari ban yang terbakar ini semakin membesar,karena berbagai sampah plastik ditambahkan ke dalam ban yang sedang terbakar hingga nyaris membakar kantor Bank NTB yang megah tersebut.

Gelagat kurang baik ini, dengan sigap disikapi oleh anggota kepolisian yang berjaga dengan memberikan himbauan agar api dipadamkan demi tertibnya jalanya unjuk rasa. Saat himbauan dipadamkan tidak diindahkan oleh massa Kasta NTB, polisi-pun dengan cepat memadamkan kobaran api dari ban itu dengan Dry Chemical Powder yang rupanya telah disiagakan oleh pihak kepolisian.

Walau hingga belasan orator LSM Kasta NTB meneriakkan orasinya agar Direktur Bank NTB Syariah mau menemui massa, namun sang Direktur tak jua mau keluar dari Kantor Bank tersebut, hingga akhirnya Kabag Humas Bank NTB disebutkan akan menui massa aksi untuk berdialog, namun ditolak massa aksi.

Unjuk rasa terus berlanjut dan dihentikan saat adzan sholat zuhur berkomandang, sembari memberikan ultimatum kepada Direktur Utama Bank NTB Syariah mau menemui massa. Namun, hingga adzan zuhur usai dan aksi dilanjutkan lagi, Direktur Bank NTB Syariah itu tak jua kunjung datang.

Pada detik-detik aksi akan diakhiri, baru didapat informasi kalau Direktur Bank NTB Syariah tersebut, justeru lebih memilih menemui jajaran Direksi ITDC di KEK Mandalika daripada menemui massa aksi Kasta NTB yang saat itu berdemo ke Bank milik rakyat NTB tersebut.

Aksipun dilanjutkan dengan menempel atribut aksi di dinding depan pintu masuk Bank NTB.

Presiden Kasta NTB, Lalu Wink Haris kemudian menyampaikan orasi pamungkasnya dengan menyampaikan tuntutan tegas Kasta NTB terhadap berbagai persoalan di Bank tersebut.

Antara lain tuntutanya, pihak kepolisian segera memberikan hukuman kepada pelaku dugaan pengemplangan dana Bank NTB Syariah Rp.10 milir yang saat ini sedang diproses oleh Mapolda NTB.

“Kami tidak percaya kalau pelakunya hanya satu orang. Karena kerja-kerja dalam sebuah bank itu adalah kerja-kerja secara kolektif, maka ini harus diusut tuntas,”ujar Lalu Winks Haris.

Tuntutan selanjutnya, agar jajaran direksi Bank NTB dipecat, yang terutama adalah Direktur Utamanya yakni Kukuh Rahardjo.

“Yang ketiga, tidak boleh ada pemotongan hak-hak karyawan, termasuk scurity apapun alasanya,”ujarnya.

Kasta NTB akan kembali minggu depan untuj melakukan aksi dengan kekuatan penuh sepulau Lombok dan harus ditemui oleh Direktur Utama Bank NTB Syariah, H.Kukuh Rahardjo. (tim)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.