Home / Beritakini / Rekrutmen Direksi PDAM Transparan, Tanpa Intervensi Dan Sesuai Aturan

Rekrutmen Direksi PDAM Transparan, Tanpa Intervensi Dan Sesuai Aturan

BERITAKINI talentafmnews.com Lombok Tengah – Menjawab berbagai macam opini dan pertanyaan mengenai rekrutment Direksi PDAM Lombok Tengah, pemda setempat tegaskan kalau rekrutment tersebut dilaksanakan secara transparan dan tanpa intervensi pihak manapun.

Plt.Sekda Lombok Tengah, Drs.HL.Idham Kalid S.Pd M.Pd, kepada sejumlah wartawan pada rabu 19/5/2021 ditemui di ruang kerjanya dengan tegas menyatakan, tidak ada intervensi apa lagi rekayasa dalam rekrutment Direksi PDAM tersebut.

Dalam rekrutment tersebut lanjut Sekda, pihaknya berpedoman pada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 37 tahun 2017.

Disebutkan dalam PP tersebut kalau jumlah Tim Panitia Seleksi (Pansel) harus berjumlah ganjil dan terdiri dari beberapa unsur. Antara lain, unsur pemerintah daerah setempat, akademisi dan dari unsur Idependent.

“Maka ditentukan dua orang dari unsur pemerintah daerah, dua orang dari unsur akademisi dan satu orang dari unsur Independent,”jelasnya.

Dirnya lanjut Sekda, awalnya dipilih jadi Ketua Tim Pansel, tetapi demi independensi dan menjauhkan intervensi, dirinya  ijin ke Bupati agar ditempatkan sebagai anggota.

Selain itu lanjut Sekda, dirinya sebagai bagian dari Tim Pansel sampai pernah menanyakan Bupati soal ada tidaknya yang direkomendasi, namun Bupati saat itu tegas mempersilahkan Pansel untuk menjaring SDM seluas-luasnya secara terbuka.

“Kalau kita tutup-tutupi kenapa harus kita unumkan,”tandas Sekda.

Adapun Tim Pansel itu lanjut Sekda, terdiri dari unsur pemerintah daerah adalah dirinya dan Asisten II Setda, kemudian dari unsur akademisi yakni Dr.M.A.Muazar Habibi dan Dr.Ihksan dari Unram.

“Setelah oleh Bupati saya diperkenankan untuk tidak jadi Ketua Pansel, maka sepakat kami memilih Dr.Muazar Habibi sebagai Ketua Pansel,”jelas Sekda.

Kenapa memilih Dr.Muazar dan Dr.Ihksan ini sekali lagi agar menjaga independensi Tim Pansel. Nanti kalau orang Lombok Tengah, dikira tidak Independen. Selain itu Dr.Muazar juga punya lembaga terkait yang akan memudahkan dalam proses rekrutment tersebut.

“Kemudian dari unsur Independent dipilih H.L.Kelan, karena itu merupakan hasil rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati Lombok Tengah, sehingga beliau dipilih,”imbuhnya.

Terkait dengan syarat yang dinilai terlalu berat lanjut Sekda, itu semua sesuai dengan PP 73 dan tidak ada yang dibuat-buat.

“Jadi silahkan semua putra atau putri daerah terbaik untuk mendaftarkan diri. Pengumuman telah dibuka secara terbuka dan siapapun boleh, sepanjang memenuhi syarat,”pungkas Sekda.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.