Home / Beritakini / Sebuah Desa Boleh Bangga Bila Total APBDesnya Besar Bersumber Dari PADes

Sebuah Desa Boleh Bangga Bila Total APBDesnya Besar Bersumber Dari PADes

BERITAKINI talentafmnews.com – Sebuah desa boleh bangga bila total Anggaran Pendapatan Desa atau APBDes-nya besar bersumber dari Pendapatan Asli Desa atau PADes-nya. Demikian disampaikan Kepala DPMD Lombok Tengah, Drs. Jalaludin pada Kamis 25/4/2019 di kantornya kepada sejumlah wartawan.

Karena APBDes rata-rata desa yang ada saat ini bersumber dari Alokasi Dana Desa atau ADD dan Dana Desa atau DD. Sementara desa dengan APBDes yang bersumber dari PADes belum ada, kalaupun ada jumlahnya tidak signifikan.

Maka salah satu cara untuk mendongkrak PADes itu yakni dengan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes di masing-masing desa.

“Dari keseluruhan desa yang ada di Lombok Tengah, ada 92 desa yang telah memiliki BUMDes yang aktif. Dari 92 desa aktif BUMDes ini, telah rata-rata mengucurkan antara Rp.100 juta hingga Rp.150 juta untuk mengelola BUMDes mereka masing-masing,”katanya.

BUMDes tersebut lanjut Kepala DPMD, diharapkan bisa mendongkrak ekonomi desa, hanya saja rata-rata BUMDes yang ada itu saat ini masih berusaha menggali potensi dan mencari jenis usaha yang produktif untuk dikembangkan. (ding)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.